”Biker” Bersatu di Kota Kembang

Rabu, 25 Juni 2014 | 23:55 WIB
Unity Bikers Unity Team yang menyatukan berbagai komunitas sepeda motor berkumpul di Bandung.

Bandung, KompasOtomotif – Saat ini biker Indonesia masih terbagi dalam kelompok-kelompok sesuai merek sepeda motor, genre, dan wilayah. Perbedaan-perbedaan inilah yang ingin disatukan dalam wadah ”biker bersatu” seraya melakukan kegiatan positif dengan nama Unity Team.

Komunitas tersebut baru saja melakukan kegiatan kopi darat (kopdar) yang juga diikuti pimpinan klub dan komunitas sepeda motor di Bandung. Forum kebersamaan dilakukan di kawasan Paskal Hyper Square, Pasir Kaliki, Bandung, Sabtu (21/6/2014). Selain biker, hadir juga perwakilan kelompok bersepeda dan klub mobil dari Kota Kembang.

Gabungan biker dalam Unity Team membuat serangkaian kegiatan khas seperti Unity Pit stop dan Unity Kopdar. Unity Pit stop adalah sarana komunitas berbagi dengan berbagai kegiatan positif seperti Safety Riding Clinic, Stunt-Rider Workshop, dan Modification Sharing Session.

Unity Bikers Unity Team berkopi darat sembari melakukan diskusi tentang berbagi jalan.

Unity Kopdar digelar sebagai sarana menghidupkan kegiatan rutin biker yaitu pertemuan (kopi darat) dengan kegiatan ekspresif. Mereka saling berbagi dengan agenda talk show bertajuk ”Mari Berbagi Jalan” bersama Safety Riding Trainer Joel D. Mastana.

Menurut Joel, talkshow ini dibuat sebagai salah satu wujud nyata kepedulian terhadap situasi jalan raya yang semakin tidak bersahabat dan penuh ancaman. ”Penyelenggaraan kegiatan ini memiliki pesan mengenai pentingnya berbagi jalan untuk menjadikan jalan raya menjadi milik semua pengguna jalan dan lebih bersahabat untuk semua,” tegas Joel.

Selanjutnya, untuk memudahkan komunikasi antar-komunitas, Unity Team memperkenalkan format website www.unity-team.com. Di dalamnya terdapat kanal-kanal yang berisi informasi terkini seputar dunia biker.

Arnold D. Andhika, Ketua Umum Forum Club Motor Bandung (FCMB), komunitas biker pada dasarnya memiliki keinginan yang sama untuk saling berbagi. Dikatakan, klubnya sangat mendukung Unity Team karena ini diharapkan mampu menjadi media komunikasi yang tepat agar persaudaraan antar sesama pengguna sepeda motor semakin kuat.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Aris F. Harvenda