Begini Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil yang Benar

Rabu, 18 Juni 2014 | 12:04 WIB
thenewswheel Cuci kaca mobil dengan bersih sebelum dipoles untuk menghilangkan jamur

Jakarta, KompasOtomotif - Panas terik dan hujan deras kini datang tak menentu. Terkadang pagi hari hujan lebat, tiba-tiba siang hari langsung panas terik. Tak pelak kondisi alam tersebut menimbulkan beberapa efek kurang baik pada mobil. Salah satunya timbul jamur di kaca mobil akibat tetesan hujan yang kering karena panas.

Membersihkannya bukan sekedar membuat lebih kinclong ataupun indah. Tanpa disadari, kaca yang terlihat bening akan membantu visibilitas saat mengemudi. Pandangan lebih jelas, terlebih pada saat malam hari untuk menghilangkan efek bias cahaya lampu dari luar. Tak perlu menghabiskan waktu lama untuk mewujudkannya, kami pandu Anda membuat kaca mobil jadi bening dan bersih.

Sebelum memulai, patut diketahui bahwa kebanyakan pembersih kaca mengandung ammonia. Senyawa dari nitrogen dan hydrogen (NH3), sering digunakan campuran karena sangat ampuh untuk menghilang jamur dan flek, akibat air kotor yang sudah mengering lama atau bekas kotoran binatang.

Tapi awas, tidak semua kaca cocok dengan asal mobil (Jepang, Korea atau Eropa). Jenis tinted windows tidak sesuai dengan aplikasi bahan tersebut. Efeknya bukan kaca jadi bersih, justru tambah buram seperti info yang kami kutip dari Autogeek. Untuk mengetahui spesifikasi kaca mobil, bisa dilihat pada sudut bagian bawahnya. Juga Anda lihat dalam label produk tersebut tertulis "ammonia free" atau "safe for tinted windows".

youtube Memoles kaca butuh bantuan alat jadi lebih mempersingkat waktu.
Begini langkah-langkah menghilangkan jamur dan membersihkan kaca.

1. Bersihkan kaca mobil dengan menggunakan air bersih.

2. Pastikan tempat mencuci dan memoles kaca terlindungi dari panas matahari. Hal tersebut bisa menyebabkan carian pembersih tersebut cepat mengering, dan meninggalkan residu yang berakibat munculnya flex pada permukaan kaca.

3. Gunakan kain microfiber untuk mendapatkan hasil maksimal saat memoles, jika tidak ada, bisa menggunakan kain biasa.

4. Oles atau semprot bagian kaca yang akan dibersihkan menggunakan obat lalu usap dengan kain hingga terlihat bening.

5. Bilas daerah itu dengan air. Lanjutkan hingga seluruh kaca dipoles dengan baik.

6. Dahulukan kaca depan karena memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Jangan khawatir ketika obat pemoles kaca menyentuh bodi mobil, lekas bilas permukaan tersebut dengan air agar tidak merusak cat.

7. Ulangi proses di atas jika Anda merasa belum mendapatkan hasil maksimal.

8. Baca beberapa peraturan pada pembersih kaca karena ada spesifikasi tertentu yang harus diperhatikan meski pada umumnya semua memiliki langkah yang sama.

Penulis :
Editor : Aris F. Harvenda