Truk Medium Fuso Kini Lebih Panjang

Selasa, 3 Juni 2014 | 13:25 WIB
KompasOtomotif-Donny Peluncuran truk Fuso dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang

Jakarta, KompasOtomotif - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meluncurkan dua truk Fuso (medium truck) dengan jarak sumbu roda (wheelbase) lebih panjang, yakni tipe FM 517 HL Long 4X2 dan FN 517 ML2 Super Long 6X2. Keduanya adalah solusi untuk pengguna yang menginginkan kendaraan niaga yang bisa mengangkut lebih banyak, tanpa perlu dimodifikasi.

Semua varian baru dibekali peningkatan spesifikasi di beberapa bagian. Selain wheelbase lebih panjang di kelasnya, final gear ratio juga lebih besar untuk menyesuaikan dengan muatan yang lebih banyak, dan memberikan tenaga angkut lebih efisien. Kopling juga menjadi lebih besar sebagai efek penunjang performa baru.

"Saat ini, konsumen kami cenderung membutuhkan truk dengan kapasitas lebih besar serta rangka badan lebih panjang agar efektif dan efisien. Kami menangkap keinginan itu dengan inovasi agar secara terus-menerus menyediakan kendaraan niaga terbaik," ujar Presiden Direktur KTB, Noboru Tsuji.

Dijelaskan, dua varian baru ini merupakan pengembangan dari varian Fuso yang ada sebelumnya. Misalnya FM 517 HL Long 4X2, dikembangkan dari FM 517 HL lama. Tambahan wheelbase hampir 0,5 meter. Begitu juga tipe Super Long yang dikembangkan dari tipe lama yang sasisnya dipanjangkan 1,7 meter. Meski demikian, varian lama tetap dijual.

Kegunaan
Secara umum, keduanya biasa digunakan konsumen untuk berbagai keperluan. Antara lain, angkutan consumer goods, suku cadang, bahan konstruksi dan hasil perkebunan, hingga pengangkut galon air mineral. Dua kendaraan ini juga biasa dipakai sebagai andalan pengangkut mobil atau sepeda motor (truk gendong).

Dengan tambahan dua varian baru ini, KTB kini punya 9 varian truk medium yang bisa dipilih berdasar kebutuhan. Fuso FM 517HL Long 4X2 dipasarkan dengan harga Rp 492 juta (beda Rp 6 juta dari model lama), sementara Fuso FN 517 ML2 Super Long 6X2 dibanderol Rp 589 juta (beda Rp 10 juta vs model terdahulu). Semua harga off the road, referensi harga Jabodetabek.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Aris F. Harvenda