Kapasitas Produksi Mobil Grup Astra Naik di Akhir Tahun

Selasa, 29 April 2014 | 16:21 WIB
Zulkifli BJ Pabrik Daihatsu di Karawang

Jakarta, KompasOtomotif - Grup Astra menaikkan kapasitas produksi tahun ini, dari semula 700.000 unit menjadi 780.000 unit di akhir tahun. Penambahan kapasitas produksi pada PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjadi penyumbang utamanya.

Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur ADM, mengatakan, saat ini kapasitas produksi perusahaan mencapai 450.000 unit. Ditambah fasilitas perakitan milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencapai 250.000 unit, maka jumlahnya mencapai 700.000 unit.

"Kami sedang menambah kapasitas produksi pabrik, naik menjadi 530.000 unit di akhir tahun ini," jelas Sudirman di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (29/4/2014).

Investasi untuk menambah kapasitas produksi terus dilakukan, melihat besarnya potensi pasar mobil di Tanah Air di masa depan. Buktinya, awal tahun ini Indonesia sudah berhasil mengalahkan Thailand sebagai pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara.

Prijono Sugiarto, Presiden Direktur Grup Astra, menambahkan, total kapasitas produksi Grup Astra yang disumbang utamanya oleh Toyota dan Daihatsu naik cukup signifikan. Dengan jam kerja normal saja (dua shift), kapasitas produksi sudah 700.000 unit.

"Jika ditambah lembur, produksi masih bisa naik 15-20 persen maka hampir 1 juta unit tahun ini," beber Prijono.

Melihat besarnya potensi pasar, Prijono menilai lonjakkan pasar akan sulit terbendung di Indonesia. Selain itu, kondisi ini diperkuat dengan kondisi tak menentu di Thailand, yang selama ini jadi pesaing utama Indonesia.

"Kami optimis dalam dua sampai tiga tahun ke depan Indonesia akan lebih kokoh menjadi pasar terbesar di Asia Tenggara," pungkas Prijono.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Aris F. Harvenda