Volvo Gunakan ”Cloud” untuk Merekam Kondisi Jalan

Selasa, 25 Maret 2014 | 11:10 WIB
Volvo-carscoops Volvo megembangkan teknologi pengirim informasi menggunakan Cloud sebagai jembatan.

Gothenburg, KompasOtomotif – Volvo bergabung dengan Lembaga Transportasi Swedia dan Norwegia, untuk membangun ”jaringan” informasi yang berguna untuk keamanan. Ketika mobil menemui jalan yang berpotensi membahayakan, seperti licin, lubang besar, atau rusak parah, mobil akan mengirimkan data ke Cloud dan dikirim untuk mobil-mobil yang akan melewatinya.

Tentu ini tidak mudah. Mobil yang dikirim informasi juga harus menggunakan sistem jaringan yang sama. Cloud sendiri adalah semacam ruang penyimpan data yang bisa diakses di mana pun melalui jaringan internet.

Dijelaskan lebih detail, mobil akan mendeteksi keadaan bahaya dari sensor-sensor yang mengakibatkan sistem keamanan mobil bekerja. Misalnya jalan licin yang membuat sistem penstabil putaran roda harus bekerja. Dari sini data akan diproses dan segera dikirim ke Cloud.

Volvo-carscoops Mobil akan mengirim data yang didapat dari sensor-sensor.

Data yang diolah juga bisa dikirim ke pihak berwenang yang mengatur keselamatan jalan raya. Informasi yang dikirim akan sangat cepat dan membuat para petugas memberi perhatian khusus di titik yang berbahaya.

”Jika pihak yang berwenang mendapat informasi jalanan licin dari banyak mobil, data bisa dipakai untuk menghemat biaya perawatan jalan selama musim dingin, selain menambah tingkat antisipasi keamanan,” kata Erik Israelsson, Project Leader Cooperative Intelligent Transport System Volvo Cars.

Saat ini, Volvo menguji coba teknologi ini dengan mengoperasikan 50 mobil, angka yang dianggap mewakili fungsi informasi, dan menjadi tolok ukur sekaligus target pertumbuhan teknologi ini ke depan.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Aris F. Harvenda