Mercedes-Benz GLA dan All New Infiniti Dirakit di Pabrik yang Sama

Senin, 24 Maret 2014 | 18:30 WIB
Autoblog CEO Renault-Nissan, Carlos Ghosn dan CEO Daimler, Dieter Zetsche.

Aquascalientes, KompasOtomotif - Hubungan Renault-Nissan dan Daimler makin erat, keduanya dikabarkan telah menyetujui perjanjian 50:50, untuk memproduksi model Infiniti dan Mercedes-Benz di pabrik Aquascalientes, Meksiko. Hal ini diungkapkan salah satu sumber yang dekat dengan peristiwa penandatanganan memorandum yang telah dilakukan bulan lalu.

Bocoran informasi lain, Mercedes GLA-Class akan dirakit di sana bersama produk All-New Infiniti. Meski tidak disebutkan berapa jumlah kapasitas dan jadwal produksi, namun keputusan ini berhubungan dengan pernyataan Renault-Nissan dan Daimler sebelumnya, soal berbagi platform dengan Mercedes-Benz.

Kongsi pabrikan Jerman dan aliansi Jepang-Perancis ini bukan yang pertama. Pada 2010 lalu, CEO Daimler, Dieter Zetsche, dan boss Renault-Nissan, Carlos Ghosn telah setuju melakukan pengembangan mesin, produksi, dan arsitektur kendaraan buat mobil kompak.

Nissan-Renault telah menyatakan, model pertama, Infiniti Q30, yang menggunakan teknologi arsitektur Mercedes-Benz mulai diproduksi tahun depan di Sunderland, Inggris. Menyusul kemudian generasi terbaru Smart dan Renault Twingo.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Aris F. Harvenda