Inggris Kebut Produksi Mobil

Jumat, 21 Februari 2014 | 07:49 WIB
Car and Driver Jaguar F-Type

London, KompasOtomotif - Meski produksi mobil masih cenderung stagnan awal tahun ini (Januari 2014), beberapa merek justru mempersiapkan kenaikkan pemanfaatan kapasitas produksi (utilitas) dari prediksi yang sudah ditentukan.

Berdasarkan Asosiasi Manufaktur dan Penjual Otomotif Inggris (SMMT), kapasitas produksi mobil baru di Inggris dalam empat tahun terakhir terus naik, sampai 50 persen. Januari 2014 saja, semua merek dalam industri sudah mengeluarkan 128.520 unit ke pasar.

"Manufaktur otomotif Inggris mulai dengan kokoh di awal 2014. Kami berharap total produksi domestik akan naik tahun ini seiring dengan lebih banyak model baru yang diluncurkan ke pasar dan mencapai produksi penuh," jelas Mike Hawes, Chief Executive SMMT dilansir Financial Times (20/2/2014).

Beberapa merek seperti Jaguar Land Rover, Mini, dan Nissan merupakan merek-merek terbesar di Inggris saat ini. Mereka juga mengekspor beberapa produk ke tetangga sesama Uni Eropa dan negara berkembang, seperti India, Rusia, dan China.

"Melihat jauh ke depan, kami mencoba memperhatikan adanya pertumbuhan lebih besar seiring mengalirnya dana investasi beberapa merek besar jadi kenyataan, juga menawarkan lapangan pekerjaan baru dan pesanan dari perusahaan pemasok komponen," beber Hawes.

Menurut analis otomotif, industri otomotif Inggris akan mencapai kapasitas produksi 1,5 juta unit. Pihak asosiasi, pemerintah, dan lainnya berharap industri bisa mengejar produksi 2 juta unit, mengalahkan Perancis dan mendapatkan predikat sebagai pasar mobil terbesar ketiga di Eropa.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Aris F. Harvenda