Bosch Dicurigai Lakukan Kecurangan di Eropa

Jumat, 10 Januari 2014 | 07:52 WIB
www.carid.com Wiper dari Bosch.

Frankfurt, KompasOtomotif - Lembaga Persaingan Usaha Eropa, secara intensif  memeriksa produsen komponen terbesar asal Jerman, Robert Bosch yang dicurigai melakukan kecurangan. Sebelumnya Bosch juga mengalami hal yang sama di Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Menghadapi tuduhan ini, Bosch menyatakan siap bekerjasama dengan penyelidik untuk menuntaskan masalah. "Kami menghadapi tuduhan dari komisi Uni Eropa," jelas salah satu juru bicara Bosch dilansir Reuters (9/1/2014).

Desember lalu, Lembaga Persatuan Insinyur dari Jerman, Schaeffler menyatakan siap membayar denda mencapai 380 juta euro (Rp 6,21 triliun) karena terbukti bersalah melakukan kolusi oleh Lembaga Persaingan Usaha Uni Eropa. Denda itu merupakan hasil penyelidikan pihak berwenang sejak 2011.  

Bulan lalu, lembaga serupa di Korea Selatan sudah menjatuhkan denda terhadap Bosch, Denso, dan Continental karena praktik kolusi menetapkan harga komponen ke Hyundai Motor Company. Pihak berwenang mendenda ketiga perusahaan dengan nilai  total 114,6 miliar won atau Rp 1,3 triliun.

Lembaga Persaingan Usaha dari AS, Eropa dan Jepang melakukan penyelidikan, indikasi kolusi penetapan harga komponen otomotif. Beberapa produk yang dicurigai adalah sabuk keselamatan, radiator, wiper, AC, motor power window dan power steering.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Zulkifli BJ