Suzuki Siapkan Mesin "Turbo Supercharge" untuk Swift

Sabtu, 21 Desember 2013 | 10:44 WIB
indianautosblog Suzuki Swift di 2016 akan mendapat suntikan turbo supercharge.


Tokyo, KompasOtomotif
– Para insinyur Suzuki di Jepang dilaporkan sedang mengembangkan mesin turbo supercharge yang akan dipasang pada mobil-mobil segmen B dan C, khususnya untuk Swift baru. Bocoran datang dari sumber Suzukifan yang menyebut varisan tersebut akan meluncur di 2016.

Akhir-akhir ini Suzuki memang sedang intens mengembangkan teknologi mesin untuk bersaing. Juli lalu, mereka merilis Dual Jet Engine (DJE) yang bekerja seperti teknologi direct injection (meski tak mau disebut demikian). Teknologi ini menggabungkan mekanisme pengereman regeneratif yang disimpan pada dua set baterai lithium-ion berukuran kecil, dan idle stop system dari mesin K12B.

Tenaga tidak berubah, namun efisiensi bahan bakar jauh meningkat, diklaim mampu mencapai  25 kpl. Di Jepang, DJE sudah dipasang di balik kap Swift dan Solio.

Nah, mesin turbo supercharged adalah langkah pengembangan dari DJE. Sumber mengatakan, akan ada dua kapasitas mesin, yakni 1.000cc dan 1.200cc. Jantung pacu bakal diproduksi di Jepang, dan diekspor ke basis produksi di Hungaria untuk mobil spek Eropa. Mesin ini juga akan diproduksi di Changan, China.

Tidak ada informasi soal tenaga pada mesin turbo supercharged ini, tapi disinyalir akan tembus 100 PS.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Aris F. Harvenda