Baby Mercedes SLS Siap Menyaingi Porsche 911 dan Jaguar C-X16

Rabu, 5 Oktober 2011 | 12:00 WIB

STUTTGART, KOMPAS.com - Kompetisi di segmen supersport car makin keras. Pasalnya, anak perusahaan Daimler –Benz, AMG, yang khusus memproduksi mobil sport, sedang mempersiapkan Baby SLS berpintu gullwing. Ukurannya, lebih kecil dari SLS yang dipasarkan sekarang dan diharapkan akan bersaing dengan Porsche 911 dan Jaguar C-X16.

Informasi kemunculan Baby SLS ini langsung disampaikan oleh Christoph Jung, Direktur Divisi Pengembang dan Performa AMG kepada Auto Express. “Masih ada ruang untuk model AMG di bawah SLS, bersaing dengan Porsche 911. Ini merupakan pasar AMG  mendatang dan kami sedangkan menentukan paket yang tepat,” jelasnya.

Twin-Turbo
Dijelaskan pula, Baby SLS akan menggunakan mesin twin-turbo baru. Jung menambahkan kesuksesan SLS dengan pintu gullwing - di Inggris di jual 1680.000 poundsterling  (Rp2,331 miliar) - dibuktikan dengan penjualan sejak perluncuran pertama pada 2009  mencapai 5.000 unit di seluruh dunia. Malah terus berkembangan dengan versi Roadsternya. AMG diberi kebebasan mengembangkan produk dan terpisah dari induknya Mercedes-Benz.

“Penting sekali mengembangkan merek kami. Lihat Porsche 911, sukses besar! Mereka melakukan pekerjaan yang sangat baik selama bertahun-tahun. Sekarang,   SLS telah membuktikan keberhasilan kami. Porsche kini melihat AMG sebagai kompetitor. Kami dinilai dapat membuat mobil supersport.”

Dua Tempat Duduk
Kendati mobil sport baru ini masih tahap awal, Jung membocorkan beberapa detilnya. Antara lain, kabin dua tempat, bermesin V8 yang dipasang di depan. “Harus V8. Ini merupakan warisan dan kustomer kami mengharapkannya,” tegas Jung

Kapasitas mesinnya, 5,5 liter dengan twin-turbo menghasikan tenaga 500 PS, gerak roda belakang, transmisi 7-percepatan dengan kopling ganda. Kemampuan sprint 0 – 100 km/jam hanya 4 detik dan mampu dikebut 300 kpj.

“Kami harus menentukan performa tersebut untuk mendekati kompetitor. Kami masih memerlukan banyak lagi pengembangan. Harus bisa memastikan produk  inidi trek yang benar. Tidak sekadar mengandalkan tenaga, paling top di kelasnya. Harus menyeluruh, paket”, lanjut Jung

Model baru ini dikatakan sangat efisien karena dilengkapi dengan sistem stopt-start. Kinerja mesin ditingkatkan dengan target semakin irit konsumsi bahan bakarnya.

Sebagai salah satu saingannya, Jung justru  memberikan perhatian khusus kepada Jaguar. “Sangat menarik bagi saya melihat  C-X16 di  Frankfurt Motor Show. Namun harganya, dimulai 60.000 (Rp717 juta) sangat ambisius,” komentarnya.

Penulis :
Editor : Zulkifli BJ