BYD Ingin Bangun Pabrik Mobil dan Baterai di Indonesia

Senin, 9 Mei 2011 | 07:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Berita ini bisa dikatakan terlambat. Pasalnya, luput dari sorotan sebagian besar media Indonesia. Semula hanya diberitakan secara singkat oleh Reuters dan dikutip oleh situs Autobloggreen akhir minggu lalu.

Dilaporkan, ketika Perdana Menteri China Wen Jiabao melakukan kunjungan dua hari ke Indonesia, juga diikuti oleh produsen mobil listrik terkenal dari negara tersebut, yaitu Build Your Dream (BYD), yang sebagian sahamnya dimiliki oleh miliarder Warrent Buffet.

Perusahaan mobil listrik tersebut dilaporkan sedang mencari mitra lokal di Indonesia dan berencana berinvestasi 200 juta dollar AS untuk mendirikan fasilitas pabrik mobil dan baterai. Ditambahkan, produsen mobil China tersebut tertarik dengan Indonesia karena industri dan penjualan mobilnya meningkat tajam dan menjadi negara dengan pertumbuhan terbesar di Asia Tenggara.

Dilaporkan pula, Gita Wirjawan berusaha mencarikan mitra bisnis BYD di Indonesia. Hebatnya lagi, niat BYD itu langsung disampaikan oleh PM Wen Jiabao.

 

Penulis :
Editor : Zulkifli BJ