Suzuki "Recall" Grand Vitara dan SX-4

Senin, 7 Februari 2011 | 16:02 WIB

AMERIKA, KOMPAS.com - Suzuki Amerika kembali kesandung aksi recall terhadap dua model andalannya, SX-4 produksi 2010 dan model 2011 yang diproduksi 14 Oktober lalu serta Grand Vitara (produksi 2009-2010 mesin empat silinder serta model 2011 yang dibuat 17 Oktober 2010). Penyebabnya, gangguan pada pengatur ketegangan puli yang bisa merembet ke komponen lain, sehingga menimbulkan risiko kecelakaan.

Tahun lalu (Oktober 2010), Suzuki juga sudah menarik untuk perbaikan SX-4 bersama Swift, MR Wagon dan Cervo yang jumlahnya mencapai 280.000 unit lebih. Permasalahan, baut pengikat kaca spion luar kurang kencang.

Sementara pada pengatur ketegangan puli yang menghubungi ke alternator, kompresor AC, pompa power steering dan pompa air (water pump) dilengkapi dengan per yang patah akibat tekanan yang tinggi. Nah, ketika musim semi, tali penghubung (van belt) tidak disesuaikan, sehingga menimbulkan gejala selip dan suara menderit.

Bahayanya, bila tali itu sampai putus, jelas kenyamanan mengemudi terganggu yang berujung pada kecelakaan karena setir teras berat lantaran pompa power steering tidak bekerja. Suhu pendingin tidak bekerja menyebabkan mesin panas bahkan sampai overheat.

Menurut pihak Suzuki, recall ini mulai berlaku 16 Februari mendatang. Pihaknya akan mengganti perangkat pengatur ketegangan puli tanpa dipungut bayaran. Tidak disebutkan berapa jumlah unit yang terkena recall.

Penulis :
Editor : Bastian