Suzuki Grand Vitara dengan Pintu Klasik

Selasa, 4 Agustus 2009 | 15:04 WIB

KOMPAS.com - Kalau pengamatan kurang jeli, Anda pasti 'menuding' modifikasi pada Suzuki Grand Vitara tahun 2007 ini tidak ekstrem. Hanya fender dibesarkan untuk mendukung pemakaian velg 22 inci.

Tapi, coba perhatikan handle pintu depan dan tengah berdekatan. Padahal, aslinya posisi pembuka pintu tengah terletak di bawah pilar C. Dan Raymond Merjanto, sang pemilik SUV Suzuki ini menginginkan buka pintu tengah berlawanan. Mirip mobil-mobil tahun 1960-an.

Pengerjaannya diserahkan kepada Reindy Riupassa dari pentolan rumah modifikasi BTX Concept. Perubahan konstruksi terpaksa dilakukan dengan melakukan pemotongan sebanyak 3 cm pada fernder belakang. Tujuannya agar pintu dapat terbuka ke belakang dengan sempurna.

"Kalau engggak dipotong, posisi pintu jadi agak ke atas saat dibuka," ungkap Reindy. Setelah itu, posisi sambungan pintu berpindah ke belakang. Pemasangan tidak terlalu rumit lantaran hanya membuat dudukan baru.

Setelah pintu terpasang, tinggal handle bertukar tempat. Yang kanan ke kiri dan sebaliknya. Dengan begitu, bukaan pintu bisa menyesuaikan.

Tampilan boleh elegan, tak berarti performa mesin memble. Merasa tak puas dengan tenaga standar Vitara, Raymond mengandalkan satu set rumah keong untuk mendongkrak tenaga yang digarap bengkel Mantap Engineering. Custom kit turbo lansiran SS engineering dibenamkan di ruang mesin.

Dijelaskan oleh Raymond kalau boost hanya 0,6 bar. Dinilai cukup buat harian. Dan untuk suplai bahan bakar saat turbo bekerja mengandalkan injektor Denso dengan kemampuan menyembur Bahan bakar 400 cc per menit. Untuk memanipulasi komputer mesin dipakai piggyback Haltech Interceptor. (Tomo)

Penulis :
Editor :