"Kei Car" Daihatsu Cuma Jadi Pajangan di GIIAS

Minggu, 30 Agustus 2015 | 17:07 WIB
Aditya Maulana/KompasOtomotif Daihatsu tampilkan deretan model terbaik

Tangerang, KompasOtomotif – Peran empat mobil asal Jepang yang mejeng di stan Daihatsu di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 ternyata hanya model pamer. Bila biasanya Astra Daihatsu Motor (ADM) membuat riset untuk setiap model baru yang dipamerkan, kali ini tidak.

Keempat model itu adalah kei car, yaitu hatchback 5-pintu bermesin 3-silinder 658 cc Move, Wake, dan Cocoa, serta pikap ringkas Hijet. Move sudah meluncur di Jepang tahun lalu, Wake adalah kei car dengan kabin tertinggi (1.455 mm), Cocoa punya mata bulat besar yang tampil nyentrik dengan merah muda. Sedangkan Hijet menggunakan platform yang sama seperti Gran Max dan Luxio.

“Mobil-mobil Jepang ini tidak dijual. Memang di sana permintaan kei car sangat kuat, tapi spesifikasinya berbeda untuk Indonesia. Kebutuhan dan permintaan konsumen kita berbeda,” ungkap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Minggu (30/8/2015).

Beda seperti keempat model produksi itu, riset penerimaan konsumen diberikan kepada dua model konsep SUV bawah FT dan crossover FX. Hendrayadi mengatakan, konsep FT merupakan masa depan Terios tapi desainnya belum tentu sama, sedangkan versi produksi konsep FX merupakan model baru buat ADM.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Agung Kurniawan