Menikmati Band "Bisu” di Kabin Honda CR-V Fender

Rabu, 26 Agustus 2015 | 19:13 WIB
KompasOtomotif-Donny Apriliananda Band memainkan lagu namun hanya bisa didengar dari kabin Honda CR-V Fender.

Jakarta, KompasOtomotif – Cukup unik ketika melihat grup band memainkan musik di tengah-tengah pameran, tetapi tak terdengar bunyi apa pun. Mereka seperti pantomim, beraktivitas dan asyik sendiri sembari menggunakan earphone. Pemandangan unik ini bisa dijumpai di booth Honda dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ternyata mereka tidak sedang bersandiwara. Bunyi yang dihasilkan dari petikan gitar, bas, dan gebukan drum elektrik disalurkan ke Honda CR-V edisi spesial dengan sound system dari Fender. ”Silakan didengarkan di dalam kabin (CR-V Fender). Beda kualitas audionya akan terasa,” kata salah seorang pramuniaga menuntun KompasOtomotif menuju kabin.

Setelah semua kabin ditutup rapat, bunyi band yang seolah tak memainkan apa-apa itu langsung bisa didengarkan dengan jernih via kabel pada lubang aux-in. Satu set sound system dari Fender terasa renyah, tidak sember, dan menyebar seolah sendirian di tengah konser.

KompasOtomotif merasakan betul bagaimana bunyi petikan gitar, gebukan drum, dan tarikan bas tidak saling tumpang tindih. Kadang petikan gitar ada di tengah, tetapi gebukan drum terasa ada di belakangnya. Penataan bunyi benar-benar diperhatikan pada mobil ini.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Beberapa bagian peranti audio yang dipasang sepaket dengan Honda CR-V Fender.
Begitulah sensasi yang muncul saat naik CR-V 2.4 L A/T Prestige Special Edition Fender. Sistem audio pada mobil ini menggunakan 6 channel amplifier dengan 8 speaker, yang terdiri dari 4 tweeter yang ditempatkan di depan dan belakang, serta 4 speaker di depan dan belakang.

Tweeter dan speaker menghasilkan audio yang lebih berkelas, serta menciptakan sensasi surround sound di dalam kabin. Sementara amplifier berfungsi untuk mengategorikan setiap karakter bunyi sehingga menciptakan pengalaman bunyi bas yang lebih dalam.

New Honda CR-V 2.4 liter AT Prestige Special Edition Fender Audio dijual dengan harga Rp 487,5 juta (on the road Jakarta).

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Agung Kurniawan