Adu Keren Modifikasi Datsun Go di GIIAS 2015

Jumat, 21 Agustus 2015 | 20:18 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri/Otomania Kompetisi modifikasi Datsun di GIIAS 2015


Tangerang, KompasOtomotif — Kompetisi unjuk kemampuan buat rumah modifikasi Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 bernama Live Mods Show Off 2015. Tiga rumah modifikasi Indonesia ditantang memberikan sentuhan terbaiknya buat Datsun Go hanya dalam waktu tujuh hari.

Live Mods Show Off 2015 ini diselenggarakan oleh Signal Kustom dan menjadi agenda resmi GIIAS 2015, yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan. Tiga peserta yang saling beradu kemampuan adalah Tim Tomi Jakarta, Alterpro Bogor, dan Jogja All Star Yogyakarta.

"Ini cukup menantang buat kami, karena selain waktu yang dibatasi hanya tujuh hari, pengerjaan juga dilakukan di luar ruangan, jadi cukup kerja keras untuk tim bisa berkonsentrasi maksimal," ujar Tomi Gunawan dari Tomi Air Brush, Jumat (21/8/2015).

Tomi mengatakan, konsep yang diusungnya kali ini yaitu Datsun Go Travel (Datsun GT). Tema ini sudah dipersiapkan khusus untuk Datsun. Logo Nusantara yang dimiliki Datsun sesuai dengan kekayaan alam Nusantara yang tertuang di konsep Go Travel.

"Ini kendaraan hang simpel dan terlihat asyik untuk dibawa traveling ke daerah-daerah di Indonesia. Tinggal tunggu saja dan hasilnya pasti akan mencengangkan. Semua pengerjaan dari nol sampai selesai dilakukan di GIIAS," ujar Tomi, Jumat (21/8/2015).

Rendy dari Jogja All Star juga mengakui bahwa waktu yang diberikan memang sangat terbatas. Namun, di sinilah pengujian itu terasa dan kapabilitas juga dipertaruhkan. "Kendala sebenarnya hanya ada pada waktu, tapi kami yakin akan bisa menyelesaikannya dengan maksimal dan sesuai dengan konsep serta waktu yang diberikan," ujar Rendy.

Konsep yang diusung Rendy dalam kompetisi kali ini yaitu sporty, tetapi tetap bisa digunakan harian. Penggantian hanya pada bagian kaki-kaki, suspensi, dan bagian audio, serta beberapa komponen lain.

"Kami ingin hasil ini akan menjadi panduan bagi para pengguna Datsun GO karena kebanyakan orang yang ingin memodifikasi kendaraannya masih bingung akan konsep yang diusung. Jadi kami berupaya untuk bisa membantu melalui karya ini," ujar Rendy.

Sebelumnya, Rendy bersama dengan rekan-rekannya pernah mencetak rekor Muri (Museum Rekor-Dunia Indonesia) seusai berhasil membungkus bodi dengan stiker buat tiga mobil hanya dalam 12 jam.

Kontestan selanjutnya, Franklin dari Alterpro, memberikan sentuhan pada sektor lampu. Tidak hanya ubahan sistem lampu di bagian luar mobil, tetapi juga penerang yang ada di ruang kabin.

"Semua lampu-lampu terafiliasi dengan Wi-Fi dan terhubung langsung ke smartphone. Jadi nantinya cahaya lampu akan bisa disetel warnanya melalui ponsel. Pokoknya jangan sampai ketinggalan menyaksikan kami," ujar Franklin.

Penulis : Ghulam Muhammad Nayazri
Editor : Azwar Ferdian