Makin Banyak Pameran Otomotif, Makin Banyak Pilihan

Kamis, 20 Agustus 2015 | 15:06 WIB
Stanly Ravel/Otomania Pembukaan IIMS 2015 oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Sehari setelah meresmikan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) membuka pameran otomotif di Tangerang Selatan, Kamis (20/8/2015). Kedua pameran itu diselenggarakan pada waktu yang bersamaan, yakni 20 – 30 Agustus 2015.

JK mengatakan, pameran selalu menggambarkan kebutuhan, pencapaian baru, target yang ingin dicapai, perbandingan, dan gaya baru. Sebab itu, masyarakat perlu diberikan pilihan pameran yang baik.

“Wapres itu harus independen, yang penting semua bagaimana baiknya. Karena makin banyak pameran, makin banyak pilihan. Masyarakat perlu diberi yang baik,” ucap JK dalam kata sambutannya.  

Selain berjalan berdampingan, kedua pameran itu digelar saat kondisi ekonomi sedang lemah dan pasar otomotif lesu. Penyelenggaraan keduanya diprediksi tidak banyak membantu penjualan nasional, tetapi fungsi pameran sebenarnya bukan hanya soal penjualan.

“Justru dalam kondisi ekonomi yang lemah ini dibutuhkan produk-produk efisien yang daya belinya lebih baik. Saya berharap industri mobil-motor dalam negeri tetap berkembang dalam pasar yang ada. Penurunan terjadi di mana-mana, tapi satu yang penting, yaitu menjaga daya tahan,” ujar JK.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian