JK: Kalau Merek dan Komponen dari Indonesia, Itu Baru Mobnas

Kamis, 20 Agustus 2015 | 12:52 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (kanan), dan Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) menyinggung soal pengembangan mobil nasional (mobnas) saat memberikan kata sambutan di pembukaan pameran otomotif yang digelar di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang Selatan, Kamis (20/8/2015). Orang nomor dua di Indonesia itu berharap kondisi mobnas tidak naik turun.

Mobil merupakan identitas suatu negara, kata JK. Jerman sudah dikenal dengan mobil-mobil mewah berteknologi tinggi seperti Mercedes-Benz dan BMW, Amerika Serikat identik mobil besar dengan teknologi yang berkembang, sedangkan Jepang membuat mobil efisien yang bisa memenuhi kebutuhan semua orang.

“Jadi, mobil itu sendiri identitas suatu bangsa. Memang apa itu mobnas perlu rumusannya, sekarang ngambang. Apa merek Indonesia barangnya Korea, bisa juga barangnya Indonesia mereknya luar. Ya, itu hal yang tentu disesuaikan tapi yang terbaik kalau mereknya Indonesia, komponennya juga Indonesia. Itu baru mobil nasional yang sebenarnya,” kata JK.

Pengembangan mobnas tidak bisa dimulai dari nol, lanjut JK. Mencapai teknologi sebagai dasar pengembangan harus dilakukan cepat bila tidak ingin ketinggala. Sebab, hal itu membutuhkan kerja sama dengan internasional.

Nasionalisme mendukung mobnas dari masyarakat dikatakan tinggi, tetapi butuh dukungan semangat industri dan semangat lokal.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian