Jusuf Kalla: Mobil Itu Kebutuhan Dasar

Kamis, 20 Agustus 2015 | 10:47 WIB
Rodrick Adrian Moses/Kompas.com Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan pembukaan pameran otomotif nasional di, ICE, BSD, Tangsel/


Tangerang Selatan, KompasOtomotif - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla secara resmi membuka pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di Indonesia Convention Exhibition di Tangerang, Kamis (20/8/2015).

Pameran tahun ini menjadi penyelenggaraan ke-23. Gaikindo pertama kali menggelar pameran otomotif dan kemudian menjadi kegiatan rutin tahunan sejak 1986.

"Mobil di mana pun di dunia ini sudah jadi kebutuhan yang mendasar karena itu sumber-sumber kemajuan dan keuangan banyak negara dari besarnya penjualan mobil," kata Wapres dalam sambutannya di hadapan para pelaku industri.

Ketika berbicara tentang mobil, lanjut Kalla, yang terpikirkan tidak hanya alat transportasi, tetapi juga industri yang besar. Otomotif didukung oleh vendor, industri komponen, teknologi untuk efisiensi bahan bakar, inovasi untuk mengimbangi kebutuhan desain, serta jaringan diler yang menyebar ke seluruh Indonesia.

Selain itu, industri otomotif juga melibatkan banyak orang yang berarti membuka lahan pekerjaan. Setiap pembelian dan kepemilikan mobil juga menjadi penghasil pajak yang besar buat negara.

"Harapan saya sekali lagi, selamat dan penghargaan, mudah-mudahan pameran ini memberikan makna kemajuan bagi industri berkembang, khususnya untuk masyarakat yang memanfaatkan kendaraan sebagai bagian dari kemajuan bangsa," kata Kalla.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Agung Kurniawan