Gairahkan Industri Otomotif di Tengah Keterpurukan

Kamis, 20 Agustus 2015 | 09:54 WIB
Azwar Ferdian/KompasOtomotif Pameran otomotif nasional di ICE, BSD, Tangerang Selatan


Tangerang Selatan, KompasOtomotif — Pergelaran pameran otomotif nasional diharapkan bisa menjadi stimulus untuk menaikkan gairah industri otomotif di Tanah Air. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman Maman Rusdi mengatakan, adanya pameran otomotif bisa mendorong dan mengangkat industri otomotif nasional pada semester kedua tahun ini.

"Ini adalah pameran otomotif nasional di bawah Gaikindo ke-23. Semoga semester kedua tahun ini pasar otomotif akan kembali membaik," tutur Sudirman MR di sela-sela acara Opening Ceremony pameran otomotif nasional yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang Selatan, Kamis (20/8/2015).

Sudirman menambahkan, penjualan mobil tahun ini mengalami penurunan sebanyak 18 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selama setahun penuh, penjualan mobil mencapai 1,2 juta unit, semester pertama 2015 baru mencapai 599.000-an unit.

"Produksi juga mengalami penurunan sebesar 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu mencapai 1,2 juta unit, di semester pertama tahun ini baru mencapai 577.000-an unit," tambah Sudirman.

Lebih dari itu, Sudrman juga mengatakan, pameran otomotif adalah agenda penting karena diselenggarakan di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang tidak kondusif. Dengan demikian, setelah pameran ini, penjualan otomotif nasional diharapkan membaik. "Sampai akhir tahun mendatang diharapkan penjualan lebih baik dari semester pertama," tutur Sudirman.

Penulis : Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian