Ekonomi Lemah, Industri Otomotif Malah Tumbuh

Rabu, 19 Agustus 2015 | 12:10 WIB
Agung Kurniawan/Otomania Menperin mencoba salah satu model Peugeot Scooter, peserta IIMS 2015.


Jakarta, KompasOtomotif - Perekonomian Indonesia masih belum stabil cenderung menurun. Tapi, beberapa sektor industri justru mengalami kenaikan, mulai industri farmasi, makanan dan minuman sampai otomotif.

"Memang kuartal awal dan kedua ekonomi kita lemah ada perlamataan, tapi di satu sisi justru pertumbuhan industri naik. Dikuartal awal 5,21 persen dan kedua 5,27 persen," ucap Menteri Perindustrian, Saleh Husin usai peresmian IIMS 2015 di JIExpo Kemayoran, Rabu (19/82015).

Menurut Saleh, otomotif sebagai salah satu penopang industri nasional, mampu berkembang di tengah lemahnya perekonomian. "Otomotif tumbuh sampai 6 persen lebih. Karena itu kita akan berupaya terus mendorong pertumbuhan, terutama tentang komponen lokal," ucap Saleh Husin.

Industri otomotif memiliki prospek untuk terus meningkat di kuartal kedua. Ini didorong investasi para pelaku industri yang juga mulai mengembangkan basis produksi di Indonesia dengan menanamkan investasi.

"Sekarang sudah banyak, seharusnya bisa naik. Dengan investasi yang cukup besar di otomotif seperti Mitsubishi, Suzuki dan Isuzu. Ditambah lagi dengan industri otomotif asal China, Wuling yang akan melakukan peletakan batu pertama besok. Nilai invetasinya mencapai Rp 9 triliun sampai R[p 10 triliun," ujar Saleh.

Penulis : Stanly Ravel
Editor : Azwar Ferdian