Suzuki Bawa Dua Unit Penerus Baleno ke Indonesia

Rabu, 19 Agustus 2015 | 10:15 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif Suzuki Ciaz.

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Suzuki Indonesia sudah lama tak punya model sedan setelah Baleno berhenti diproduksi pada 2007. Tapi status itu bisa berubah, sebab tahun ini ada model sedan yang akan diperkenalkan di Indonesia.

Adalah Suzuki Ciaz yang ditemui KompasOtomotif sedang parkir di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Rabu (19/8/2015). Setidaknya ada dua unit yang disiapkan sebagai model debutan di booth Suzuki di pameran otomotif yang akan dibuka pada 20 Agustus.

Kedua unit kemungkinan beda tipe, pasalnya selain warna ada sedikit perbedaan pada bagian bingkai lampu kabut, unit berwarna hitam punya aksen krom. Gril Ciaz terdiri dari empat bilah krom, perawakannya khas Suzuki. MPV Ertiga facelift yang juga bakal dipamerkan terlihat mengikuti desain serupa.

Febri Ardani/KompasOtomotif Suzuki Ciaz.
Sumber dari Suzuki Indomobil Sales (SIS) pernah menyebut, Ciaz untuk Indonesia diimpor utuh (CBU) dari Thailand. Tapi debutnya di Indonesia hanya sebatas pengenalan, SIS belum memutuskan akan menjual Ciaz di Indonesia.

Namun bila saja resmi dipasarkan, sepertinya pilihan mesin Ciaz untuk Indonesia bukan tipe 1.25L seperti yang digunakan Suzuki Thailand agar bisa ikut segmen eco car. Ada dua kemungkinan, menggunakan 1.4L seperti di India atau 1.6L yang dipakai di China.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian