Peugeot-Citroen Siapkan Mobil Listrik Baru

Senin, 4 Mei 2015 | 11:45 WIB
www.automobilesreview.com Peugeot iOn, saudara kembar Mitsubishi i-MiEV.

Rennes, KompasOtomotif - PSA Peugeot-Citroen memastikan akan membuat mobil berteknologi listrik murni dengan kelebihan baru. Model ini diklaim bakal lebih murah dan menawarkan daya jelajah lebih panjang, ketimbang yang ada saat ini. Carlos Tavares, CEO PSA mengatakan tengah menyiapkan model lain berteknologi hibrida plug in, sebagai produk debutan di segmen ini.

Mobil listrik baru ini baru akan diluncurkan 2020, jelas Tavares. "Mereka akan menawarkan kemampuan lebih baik, jarak tempuh, dan banderol lebih murah bagi konsumen," beber Tavares dilansir Automotive News Europe (3/5/2015).

Pertumbuhan penjualan mobil listrik dan hibrida plug in, menunjukan tren positif di Eropa. Alasan ini membuat para prinsipal otomotif setempat mengembangkan mobil baru, sekaligus memenuhi standar emisi karbondioksida (CO2) yang ketat di Eropa. Sementara, andalan PSA di pasar, seperti Peugeot iOn atau Citreon C-Zero, masih belum ikut menikmati lonjakan penjualan.

Kedua model ini hanya mampu terjual 1.300 unit tahun lalu. Lagi pula, mobil ini merupakan pengembangan dari pesanan Mitsubishi i-MiEV.

Mobil listrik baru akan dikembangkan menggunakan platofrm EMP1, menyasar ke model lebih besar, masuk ke segmen B atau C. "PSA akan menciptakan mobil listrik murni dari dasar pasar ke atas, berdasarkan platform baru pada akhir dekade ini," jelas juru bicara perusahaan.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Aris F. Harvenda