Renault dan Peugeot-Citroen Ikut Berkabung atas Peristiwa di Paris

Jumat, 9 Januari 2015 | 11:52 WIB
AFP PHOTO / ARMEND NIMANI Seorang wanita Albania menyalakan lilin di dekat tulisan dalam bahasa Perancis 'Saya Charlie', saat berkumpul di Pristina, untuk mendukung kebebasan pers menyusul serangan bersenjata ke kantor satir Charlie Hebdo, Rabu (7/1/2015).

Rennes, KompasOtomotif - Renault dan PSA Peugeot-Citroen menghentikan aktivitas produksinya sementara, Kamis (8/1/2015), sebagai langkah penghormatan kepada korban teror yang terjadi di kantor surat kabar Charlie Hebdo. Langkah ini merupakan bagian dari perintah Presiden Perancis Francois Hollande yang mengumumkan satu hari nasional untuk berkabung.

Aksi teroris yang berlangsung di pusat kota Paris itu mengakibatkan 12 orang jiwa melayang, termasuk jurnalis dan petugas kepolisian. Hollande meminta pada pelaku bisnis dan sekolah untuk mematuhi "moment of silence" tepat tengah hari, kemarin.

Juru bicara Renault kepada Automotive News Europe (8/1/2015) mengatakan, seluruh karyawannya di Perancis dan di seluruh dunia akan menjalankan kegiatan ini.

Surat kabar Perancis, Le Figaro melaporkan produksi pabrik mobil di PSA dan Renault di seluruh Perancis dihentikan sementara untuk mengikuti momen tersebut. Ketika dikonfirmasi menyangkut penghentian produksi ini, baik juru bicara Renault dan PSA tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Aris F. Harvenda