Inikah Calon Generasi Terbaru Kia Sportage?

Jumat, 21 November 2014 | 12:15 WIB
Worldcarfans Ada rumor yang menyebutkan konsep Kia KX3 adalah generasi penerus Sportage. Tamapangnya mirip Porsche Macan.

Los Angeles, KompasOtomotif – Kia mengenalkan konsep crossover baru yang disebut KX3 saat Guangzhou Motor Show 2014 dibuka untuk kalangan pers, Kamis (20/11/2014). Seluruh konsep dikembangkan oleh rekanan lokal Kia di China, Dongfeng Yueda Kia, dan rencananya versi produksi hanya dipasarkan untuk Negeri Tirai Bambu.

Dimensi KX3, panjang 4.260mm, lebar 1.765mm, dan tinggi 1.630mm. Jarak poros roda 2.590mm dan punya kapasitas kargo 400 liter. Kia mendefiniskan desain yang ditampilkan ditujukan untuk konsumen muda China yang punya selera terhadap kualitas tinggi yang ingin mobil lifestyle. Tren crossover kini merebak di seluruh dunia, prediksinya juga bakalan booming di China.

Worldcarfans Tampak belakang Kia KX3 Concept.

Digambarkan juga sosoknya sebagai SUV kompak yang atletis. Tampang depan sekilas mirip Porsche Macan dari padanan komposisi bemper, lampu depan, dan gril tiger nose khas Kia. Namun ada juga yang menyebutkan tampilannya mirip Sorento versi mini.

Konsepnya KX3 dilengkapi mesin 1.6L, bensin injeksi langsung, turbocharger, dan transmisi kopling ganda 7-percepatan, serta kemampuan all-wheel drive. Kia sangat yakin konsep ini mampu mendapatkan bintang lima dari hasil uji tabrak European NCAP.

Meski belum resmi diungkapkan akan hadir sebagai model produksi, desain tiger nose pada KX3 akan dipakai di model masa depan Kia yang punya sistem gerak hibrida. Ada rumor yang beredar, konsep ini adalah wajah generasi terbaru Sportage.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Aris F. Harvenda