Peugeot Citroen Pecat Ribuan Pegawainya

Jumat, 21 November 2014 | 09:20 WIB
Febri Ardani 5008, MPV kompak pertama Peugeot dipamerkan di IIMS 2013.

Paris, KompasOtomotif - PSA Peugeot Citroen tengah berjuang untuk bisa tetap bertahan di industri otomotif global. Kebijakan tidak populer terpaksa diambil manajemen untuk menyelamatkan perusahaan, dengan memberhentikan 3.450 karyawannya mulai tahun depan.

Peugeot Citroen sebenarnya masih sebagai produsen terbesar kedua di Eropa di belakang Volkswagen AG. Namun pabrikan asal Perancis tersebut sedang masuk dalam kondisi strategi pemulihan keuangan di bawah kepemimpinan Chief Executive Carlos Tavares.

Peugeot juga baru saja mendapat pinjaman dana melalui rencana peningkatan modal dengan menggandeng pabrikan China, Dongfeng Motors dan juga asupan dari Pemerintah Perancis. Masing-masing mendapatkan kepemilikan saham sebesar 14 persen.

Seperti ditulis Reuters, Jumat (21/11/2014), guna menjaga neraca keuangan, PSA terpaksa mengurangi jumlah pekerja melalui serangkaian program seperti pensiun dini, mundur sukarela dan transfer internal.

Manajemen PSA akan mengumumkan rencana pengurangan pekerja ini awal minggu depan. Rinciannya, 1.500 orang akan diberikan kesempatan pensiun dini, sementara 550 lainnya akan diberikan kompensasi pengunduran diri dan 1.400 akan diturunkan ke posisi baru.

Penulis : Azwar Ferdian
Editor : Aris F. Harvenda