Mobil Balap "Aneh" Milik Chevrolet

Jumat, 21 November 2014 | 09:00 WIB
Leftlanenews Chaparral 2X VGT di LA Auto Show

Los Angeles, KompasOtomotif - Chevrolet tak ingin ketinggalan beraksi pada ajang Los Angeles Auto Show 2014, dengan menampilkan mobil balap konsep Chaparral 2X VGT. Model dengan desain unik ini dirancang buat proyek Vision Gran Turismo.

Dalam dunia balap, nama Chaparral sudah tidak asing lagi. Pertama kali muncul pada 1962 dikendarai oleh Jim Hall dan Hap Sharp. Inovasi tinggi dengan menggunakan teknologi pesawat terbang membuat Chaparral langsung mencuat, hingga kemudian Chevrolet masuk dengan memberikan mesin V8 327 terpilih untuk Chaparral 2.

Kali ini Chaparral muncul dengan lebih futuristik pada balutan model 2X VGT yang bertenaga sampai 900 tk. Menggunakan sistem pendorong sinar laser dengan tembakan cahaya buat menggerakkan turbin. Laser itu dihasilkan oleh kompartemen baterai lithium-ion dengan kapasitas tinggi.

Model konsep ini punya catatan akselerasi 0-100 kpj hanya dalam 1,5 detik dan top speed 386 kpj. Ragam aksesoris aerodinamis diberikan buat menjaga keseimbangan dan daya tekan mobil saat berada di kecepatan tinggi.

"Jim Hall dan Chaparral memasukan seni balap dengan ilmu pengetahuan dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini mengubah sentuhan mobil balap sebelumnya dan mengilhami generasi baru untuk bereksperimen dengan aerodinamis dengan bahan yang tidak konvensional," kata Mark Reuss, Wakil Presiden Eksekutif, Pengembangan Produk Global GM, seperti dilansir Leftlanenews, Jumat (21/11/2014).

Sayangnya, Chevrolet Chaparral 2X VGT tidak akan berada di balapan dunia nyata, dan baru tersedia di video game Gran Turismo 6. Chevy Chaparral 2X VGT sudah bisa diunduh para pecinta GT.

Penulis : Azwar Ferdian
Editor : Aris F. Harvenda