Mitsubishi : Delica Diesel, Mungkin Saja...

Rabu, 24 September 2014 | 15:38 WIB
Kompas Otomotif / Donny Apriliananda Mobil MItsubishi Delica Dakkar

Jakarta, KompasOtomotif - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai Agen Pemegang Merek Mitsubishi di Indonesia, memperkenalkan Delica di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Namun, Delica yang diperkenalkan hanya satu model, yakni 4x2 bermesin bensin.

Sejatinya Delica memiliki pilihan bermesin diesel dan juga ada opsi sistem gerak semua roda. Hanya saja, KTB memilih untuk membawa satu model saja buat pasar Indonesia. Ini dilakukan sebagai strategi pengenalan atau setidaknya sebagai penanda awal bahwa Mitsubishi menggarap segmen MPV di Tanah Air. Bila nanti segmen Delica sudah terbentuk, KTB juga membuka kemungkinan untuk memasarkan Delica diesel.

"Selangkah demi selangkah diesel akan kita bawa. Sebagai permulaan kita jual 4x2 bensin lebih dulu, kalau regulasi dari prinsipal sudah mengizinkan dan harga bisa memadai, Delica diesel bisa kita jual," jelas Kosei Tamaki, Executive General Manager of Mitsubishi Motors Corporation Marketing Division PT KTB, Rabu (24/9/2014).

Delica dipasarkan di IIMS dengan harga Rp 409 juta. Model ini menggendong mesin MIVEC 2,0 liter, yang mampu menyemburkan daya 150 tk pada putaran 6.000 RPM, dan torsi maksimal 191 Nm pada 4.200 RPM. Sedangkan Delica diesel berkapasitas 2.268 cc.

Tes pasar
KTB juga mengakui Delica memang dihadirkan di IIMS tahun ini untuk menguji respon pasar terhadap produk Mitsubishi di luar SUV. Ini bisa menjadi permulaan sebelum KTB benar-benar meluncurkan MPV sejuta umat yang rencananya akan dipasarkan 2017 mendatang.

"Anggap saja ini pengujian pasar, kami melihat sejauh mana respon publik dengan MPV berkarakter SUV yang kami miliki. Pada IIMS ini, tanggapan pasar terbilang positif," jelas Guntur Harling, Head of Product and Planning Department PT KTB, saat berbincang dengan KompasOtomotif.

Penulis : Azwar Ferdian
Editor : Aris F. Harvenda