Konsep Suzuki Regina Bergaya Citroen "Celup"

Rabu, 9 November 2011 | 09:22 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Menjelang pameran otomotif akbar Tokyo Motor Show 2011 pada awal Desember, Suzuki akan memperkenalkan konsep mobil kota bernama 'Regina'. Jika dilihat sekilas, bentuknya mirip model hatchback Citroen lawas dengan roda belakang tercelup, seperti Citroen 2CV atau Citroen DS.

Ban belakang yang agak tertutup itu tak lain karena konsep Suzuki Regina mengedepankan faktor aerodinamis yang bukan untuk kebut-kebutan melainkan demi faktor efisiensi bahan bakar. Suzuki tidak menyebut bahwa Regina akan menggunakan roda belakang hidraulis seperti halnya Citroen. Visi Suzuki sendiri pada Regina adalah "Generasi baru bagi mobil kompak global, dengan faktor efisiensi dan rendah emisi yang sempurna karena didukung oleh bobot yang ringan dan aerodinamika."

Untuk itu pula, bobotnya 730 kg dan mengklaim bahwa koefisien gaya hambatnya lebih rendah 10 persen dari model sekelas.

Mesin dan interior

Soal mesin, pabrikan asal Jepang ini belum memberikan detailnya. Namun mereka mengklaim bahwa komposisi bahan bakar Suzuki Regina, jika menggunakan bensin, adalah satu liter untuk 32 km sesuai JC08 Test Cycle. JC08 itu sendiri mencakup uji jalan pada kondisi lalu lintas dalam kota, termasuk dalam kondisi diam dan mesin menyala, serta paduan akselerasi dan deselerasi. Pengujian start-nya pun pada saat mesin dingin dan dalam kondisi mesin panas.

Masuk ke dalam, mobil serba hijau ini memiliki setir bergaya vintage dengan perangkat GPS dan fasilitas audio-video yang transparan dan sepertinya dioperasikan menggunakan sistem sentuhan jari.

Mobil dengan dimensi bodi 3.550 mm (panjang), 1.630 mm (lebar), dan 1.430 mm (tinggi), serta jarak roda depan-belakang 2.425 mm tersebut bisa memuat empat penumpang. Posisi Regina sendiri berada di bawah Swift. (Dimas)

Penulis :
Editor : Bastian