Reflektor Lampu Rusak, Sinar Tak Maksimal

Selasa, 30 Desember 2008 | 11:15 WIB

Sinar lampu mobil kurang terang atau sebaran cahayanya berkurang sehingga pengendara jadi sulit membaca medan jalan, terutama di malam hari. Lebih repot lagi, melesat malam dibarengi hujan lebat. Mata pun terpaksa harus melotot bikin cepat lelah.

Berkurangnya sinar disebabkan terjadi kerusakan pada reflektor lantaran faktor panas pada lampu. Kalau sudah rusak begitu, permukaannya seperti terbakar api, melepuh, tergores, dan bahkan terkelupas.

Sangat berbahaya buat kendaraan yang sudah dimodifikasi ceper dan menggunakan velg lebar. Ban bisa pecah atau velg lecet karena menabrak benda keras akibat pandangan kurang maksimal.

Ipin dari Salsa Makmur, ITC Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan, kasih trik singkat bikin reflektor kembali mantap, tetapi hanya sementara, lho. Proses pemasangan sekitar satu jam dengan biaya Rp 100.000 sampai Rp 200.000.

Caranya, bongkar lampu yang sinarnya kurang terang tadi berikut kaca mika sampai tampak bagian dalamnya (batok). Gunakan aluminium foil yang permukaannya mirip dengan krom untuk mendongkrak pantulan sinar. Bahan itu bisa dibeli di swalayan.

Gunting sesuai dengan bidang yang rusak pada batok lampu. Lebih bagus lagi, jika bahan aluminium itu seperti stiker. Tempelkan aluminium pada bagian yang rusak. Usahakan sambungannya benar-benar rapi agar sinarnya juga optimal (tak bisa mendekati 100 persen seperti aslinya).

Kalau sudah, pasang kembali lampu. Langkah ini paling mudah dan murah ketimbang harus membeli reflektor. Hanya, sekali lagi, kondisi ini tidak tahan lama (sifatnya sementara)./*

Penulis :
Editor :