Humas Setjen MPR All Out Mempersiapkan Sidang Tahunan MPR 2015

Sabtu, 1 Agustus 2015 | 16:51 WIB

Sekitar tiga minggu lagi, akan diselenggarakan Sidang Tahunan MPR Tahun 2015. Sidang tahunan yang diselenggarakan di Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, itu akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2015.

Kepala Biro Humas Setjen MPR, Ma’ruf Cahyono, mengatakan agenda utama sidang tahunan adalah pidato laporan kinerja lembaga-lembaga negara yakni MPR, Presiden, DPR, DPD, BPK, MA, MK, dan KY. Lebih lanjut Ma’ruf mengatakan sidang tahunan penting sebab lembaga negara tersebut memiliki tanggung jawab moral untuk menyampaikan apa yang sudah dilakukan atas amanat UUD.

Guna mempersiapkan acara tersebut maka Biro Humas Setjen MPR All Out bekerja keras agar sidang tahunan itu bisa berlangsung dengan khimad dan sukses. Agar sidang tahunan tersebut informasinya bisa didengar, dilihat, dan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia maka Biro Humas Setjen MPR meminta partisipasi aktif media massa, baik cetak, elektronik maupun online untuk meliput dan menyebarluaskan sidang tahunan MPR RI.

Untuk itu MPR membuka pendaftaran bagi wartawan yang ingin meliput acara itu mulai 4 Agustus hingga 11 Agustus 2015. Wartawan yang berkeinginan untuk meliput acara itu bisa mengambil formulir pendaftaran di Lantai V, Gedung Nusantara III, Bagian Pemberitaan dan Hulembaga Biro Humas Setjen MPR, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, pada jam kerja.

Dikatakan oleh Ma’ruf Cahyono selain acara itu terbuka untuk diliput oleh rekan-rekan wartawan, sidang tahunan juga akan disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi. Bagi yang aktif menggunakan internet, para netter bisa melihat acara itu sebab di-live streaming lewat www.mpr.go.id.

Pelaksanaan sidang tahunan ini juga akan disiarkan oleh media internal di masing-masing lembaga negara. Kesepakatan ini bisa terjadi setelah Setjen MPR melaksanakan Bakohumas lembaga-lembaga negara. Dalam Bakohumas ini disosialisasikan rencana sidang tahunan kepada humas humas seluruh lembaga negara, kementrian atau instansi yang tergabung dalam Forum Bakohumas.

Ma’ruf Cahyono mengatakan kerja sama dengan media massa dan Bakohumas menjadi penting sebab MPR memandang mereka sebagai corong penyebarluasan informasi.

Informasi sidang tahunan menurut Ma’ruf Cahyono tak berhenti sampai di situ. Dikatakan, selepas sidang, laporan kinerja lembaga negara tetap akan dipubilkasikan. MPR akan mengintegrasikan seluruh laporan. “Adalah kewajiban kita untuk menereruskannya ke masyarakat luas secara terus menerus,” ujar Ma’ruf Cahyono. Publikasi yang disebarluaskan menurutnya bisa berupa buku, pemberitaan di media massa nasional, melalui kerja sama dengan kemitraan pada kehumasan masing-masing lembaga baik tingkat pusat dan daerah, sampai publikasi di dunia maya atau media sosial, terangnya. (adv)


FOKUS MPR
+
Dihadapan delegasi Pondok Pesantren Modern Baitussalam Prambanan, Jawa Tengah, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengatakan, para santri memiliki jasa yang sangat besar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia
Masyarakat Desa Sumoroto, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, yang biasanya menonton pertunjukan reog, kali ini pada 28 Oktober 2018, mendapat suguhan pagelaran wayang kulit
Sembilan anggota baru MPR dilantik Ketua MPR
Sistem demokrasi liberal yang berlaku di Indonesia, membuat kesempatan para calon yang memiliki modal finansial lebih besar.
Anggota MPR dari Fraksi PKB, Mohammad Toha,  mengatakan, sebelum UUD Tahun 1945 diamandemen,
Selengkapnya di www.mpr.go.id