MPR Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan: Wawasan Kebangsaan untuk Mengentaskan Kemiskinan

Jumat, 29 Mei 2015 | 10:00 WIB


Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menuturkan, saat ini masyarakat harus lebih fokus pada usaha mengentaskan kemiskinan dengan cara meningkatkan wawasan kebangsaan. Hal tersebut disampaikan Zulkifli saat memberikan pengarahan kepada masyarakat Tanggamus di Kantor Pemda Tanggamus, Lampung Selatan, Kamis (28/05/2015).

"Jangan lagi suku bangsa dan agama menjadi persoalan dan pertengkaran. Begitu juga masalah perbedaan aliran dan golongan. Itu sudah selesai. Kita harus fokus bekerja keras dan berdoa untuk menyelesaikan permasalahan kemiskinan. Tidak ada prestasi tanpa kerja keras, " ujar Zulkifli.

Adapun tujuan Ketua MPR tersebut ke Tanggamus adalah untuk menyerahkan Izin Usaha Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (IUP HKM) kepada 18 Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) di Kabupaten Tanggamus. Zulkifli mengatakan, masyarakat Hkm adalah masyarakat yang mengikuti aturan perundang-undangan hutan.

"Dengan diberikannya izin ini, masyarakat memiliki peluang usaha kembali sebagai pendapatannya sehari-hari. Jadi, dengan bekerja keras dan saling mendukung, termasuk dalam pengelolaan hutan, angka pengangguran di Tanggamus bisa semakin berkurang," ujar Zulkifli yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan yang Ke-10.

Hal serupa juga disampaikan Bupati Tanggamus, Bambang Kurniawan.
Bambang mengatakan, HKM adalah solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah masyarakat yang tinggal di sekitar hutan. Dia meyakini, IUPHKM dapat membawa perubahan, khususnya perekonomian bagi kabupaten Tanggamus.

Pada kunjungan kerjanya kali ini, Zulkifli juga mengatakan bahwa hal tersebut juga menjadi tantangan dan prioritas MPR untuk menyosialisasikannya kepada anggota DPR dan pimpinan daerah, seperti Bupati, serta masyarakat guna terwujudnya pemimpin yang berpancasialis.


FOKUS MPR
+
Dihadapan delegasi Pondok Pesantren Modern Baitussalam Prambanan, Jawa Tengah, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengatakan, para santri memiliki jasa yang sangat besar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia
Masyarakat Desa Sumoroto, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, yang biasanya menonton pertunjukan reog, kali ini pada 28 Oktober 2018, mendapat suguhan pagelaran wayang kulit
Sembilan anggota baru MPR dilantik Ketua MPR
Sistem demokrasi liberal yang berlaku di Indonesia, membuat kesempatan para calon yang memiliki modal finansial lebih besar.
Anggota MPR dari Fraksi PKB, Mohammad Toha,  mengatakan, sebelum UUD Tahun 1945 diamandemen,
Selengkapnya di www.mpr.go.id