kompas.com

Artikel

Liga Pekerja Indonesia Bengkulu Resmi Digelar

Rabu, 14 Februari 2018 | 19:24 WIB

Liga Pekerja Indonesia (Lipesia) Zona Provinsi Bengkulu resmi digelar di Stadion Semarak, Bengkulu, Selasa, 13 Februari 2018.

Dalam sambutannya, Dirjen PHI dan Jamsos Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker), Haiyani Rumondang menyebutkan, juara Lipesia direncanakan akan memperebutkan piala bergilir, yakni Piala Presiden RI.

“Ini merupakan momentum penting bangkitnya sepak bola pekerja yang telah lama vakum. Momen ini tentu saja bisa memberikan harapan bagi atlet sepak bola terutama yang dari perusahaan atau yang mewakili perusahaan untuk tetap berkarya dalam industri sepak bola,” jelas Dirjen Haiyani mewakili Menteri Ketenagakerjaan RI, M Hanif Dhakiri.

Lipesia tingkat provinsi akan berlangsung hingga 24 Maret mendatang. Selanjutnya, para juara dari zona provinsi akan terbagi dalam delapan zona regional dan kembali bertanding pada tanggal 6 – 14 April 2018.

Tingkat nasional atau babak semi final Lipesia akan dilangsungkan pada tanggal 22 – 28 April 2018. “Kemudian 1 Mei Insya Allah adalah final,” ujar Haiyani. 

Ia juga menjabarkan, kejuaraan ini terinspirasi dari Liga Sepak Bola Karyawan (Galakarya) yang berlangsung antara tahun 70-an hingga 80-an. Selain meningkatkan solidaritas dan kebersamaan antar stake holder ketenagakerjaan, penyelenggaraan kejuaraan ini diharapkan juga dapat melahirkan atlet sepak bola nasional.

“Saya berharap penyelenggaraan ini tidak hanya menjadi wahana untuk membangkitkan semangat kebersamaan antar pekerja dan meningkatkan kulaitas hubungan industrial, tetapi juga melahirkan atlet sepak bola yang potensial dari kalangan pekerja,” harapnya.

Pembukaan Lipesia ini sudah dimulai sejak tanggal 17 Desember 2017 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Kick off pertama dilakukan bersama oleh Menaker M. Hanif Dhakiri, Menpora Imam Nahrawi, dan inisiator Lipesia, Muhaimin Iskandar (Menakertrans periode 2009 – 2014).