Daftar Ponsel Harga Rp 1-3 Juta di Indonesia untuk Belajar dari Rumah - Kompas.com
Minggu, 7 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Daftar Ponsel Harga Rp 1-3 Juta di Indonesia untuk Belajar dari Rumah

Selasa, 6 Oktober 2020 | 12:14 WIB
Sejumlah pelajar saat istirahat sejenak di luar Balai Warga RT 05/RW 02 Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2020). JAK Wifi adalah program internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta yang ditujukan untuk pelajar di permukiman padat penduduk yang kesulitan mengakses internet.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Sejumlah pelajar saat istirahat sejenak di luar Balai Warga RT 05/RW 02 Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2020). JAK Wifi adalah program internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta yang ditujukan untuk pelajar di permukiman padat penduduk yang kesulitan mengakses internet.

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun 2020, pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih dilakukan karena pandemi Covid-19 belum juga usai di Indonesia. Ponsel pun menjadi kebutuhan penting untuk menunjang belajar online.

Tak perlu mahal-mahal. Ponsel dengan kisaran harga Rp 1 juta-Rp 3 jutaan sudah cukup mumpuni untuk mendukung kegiatan belajar online. Ada sedikit tips dari KompasTekno yang bisa digunakan untuk memilih ponsel penunjang belajar dari rumah.

Baca juga: Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud untuk Nomor Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri

Tips paling penting adalah memprioritaskan spesifikasi sesuai kebutuhan. Misalkan, karena sering tatap muka melalui Zoom atau Google Classroom, maka bisa memilih ponsel yang memiliki kamera depan berkualitas tinggi, terutama dalam kondisi low-light.

Ada baiknya mempertimbangkan yang memiliki memori besar agar aplikasi dan pengiriman tugas kepada guru bisa berjalan lancar.

Kapasitas baterai juga bisa menjadi pertimbangan agar ponsel tidak mudah kehabisan daya saat pembelajaran berlangsung.

Baca juga: Pengiriman Ponsel Murah di Indonesia Terdongkrak PJJ

Page:

Penulis: Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Editor : Reska K. Nistanto