6 Tanda Gejala Komstir Bermasalah - Kompas.com
Jumat, 29 Maret 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

6 Tanda Gejala Komstir Bermasalah

Senin, 12 Desember 2016 | 10:35 WIB
Otomania/Setyo Adi Ilustrasi berkendara

Jakarta, Otomania - Komstir yang bermasalah bisa membuat handling sepeda motor terganggu. Sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui apa saja gejala komstir rusak, sehingga pengecekan hanya fokus pada seputar roda.

Hal paling utama yang menandakan komstir bermasalah sebenarnya sudah bisa dideteksi sejak awal. Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center Rangga Noviar, menjelaskan, ada beberapa ciri yang bisa dikenali sebagai tanda komstir sudah harus dalam perawatan.

"Kalau motor yang sering dipakai paling mudah untuk dikenali, cukup dengan merasakan apakah ada gejala yang aneh pada setang. Contohnya, tiba-tiba kemudi terasa berat, atau bergetar saat di kecepatan tinggi," ucap Rangga saat dihubungi Otomania, Senin (5/12/2016).

Untuk lebih detail, berikut ciri komstir bermasalah :

1. Kemudi liar

Setang yang susah dikendalikan bisa menjadi pertanda awal adanya kerusakan pada komstir. Biasanya saat diajak berbelok setang akan sedikit melawan, artinya susah untuk dikendalikan.

2. Berat

Dalam situasi tertentu, kerusakan komstir juga bisa membuat putaran setang menjadi berat saat diajak bermanuver. Handling motor terasa kaku sehingga pengendara kesulitan saat akan berbelok.

adivisual.blogspot.co.id Ilustrasi stang atau kemudi sepeda motor.

3. Suara

Selain berat dan kaku, efek lain yang biasa terjadi adalah timbulnya suara gemelutuk pada sektor setang terutama ketika sedang melewati jalan bergelombang atau melakukan pengereman mendadak.

4. Oblak

Akibat rusaknya komstir membuat keausan pada pelor bearing. Setelah lama dibiarkan, akan timbul gejala longgar, terutama saat pelor tersebut sudah mulai lepas. Hal ini membuat komstir tidak lagi stabil sehingga dudukan setang akan terasa oblak dari as bagian tengah.

5. Getar

Umumnya getaran akan terasa saat melajukan kendaraan diputaran tinggi. Getaran pada setang akan sangat terasa sampai ke seluruh badan, beda dengan getaran yang dihasilkan akibat pelek.

6. Rem blong

Rusaknya komstir membut adanya gap atau jarak saat akan menggunakan rem depan. Akibatnya, jarak pengereman akan berubah, bahkan terasa seperti rem yang blong karena tidak pakem saat akan digunakan.

Ghulam/Otomania Setang sepeda motor yang sedang disetel, agar bisa nyaman digunakan.

Bila sudah menemui gejala tersebut, pastikan untuk langsung mengecek kondisi komstir di bengkel terdekat. "Berbahaya memaksa menjalankan motor dengan komstir rusak, selain bisa merugikan diri sendiri bila kehilangan kendali juga bisa membahayakan pengendara lain," kata Rangga.

Penulis: Stanly Ravel
Editor : Azwar Ferdian