Bagaimana bila Motor Injeksi Kehabisan Bensin? - Kompas.com
Jumat, 26 April 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Bagaimana bila Motor Injeksi Kehabisan Bensin?

Senin, 12 Desember 2016 | 10:05 WIB
Kompas.com-Roderick Adrian Moses Honda Vario 150 mempunyai banyak kelebihan untuk pengendaraan sehari-hari.

Jakarta, Otomania - Kebanyakan sepeda motor saat ini sudah mengadopsi teknologi injeksi, baik yang bebek, batangan, maupun Skutik. Meski lebih canggih, tetapi ada pro-kontra yang mengatakan bahwa motor injeksi pantang kehabisan bensin karena bisa merusak fuel pump.

Menanggapi hal ini, Rangga Noviar, analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center, menjelaskan bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

"Saat ini teknologi injeksi sudah banyak mengalami perkembangan, tidak seperti saat pertama. Habis bahan bakar hanya bikin mesin mogok karena tidak ada suplai bensin, selebihnya tidak sampai langsung membuat kerusakan berat," kata Rangga saat dihubungi Otomania, Senin (5/12/2016).

Menurut dia, saat ini teknologi injeksi semakin canggih dengan beberapa pengembangan. Saat kadar bahan bakar sudah menipis, sistem akan menurukan tekanan fuel pump, efeknya akan membuat motor sedikit tersendat yang berguna sebagai warning bagi pengguna motor.

Bila diteruskan, setelah bahan bakar benar-benar habis sistem akan langsung mematikan pasokan bensin ke fuel pump. "Dengan fuel pump yang menutup atau off otomatis, kerjanya tidak lagi berat. Artinya, sudah ada sistem untuk mengunci dalam kondisi tersebut (habis bensin)," kata Rangga.

Isi bahan bakar

Saat motor sudah mati karena bahan bakar habis, cukup mengisi kembali bahan bakar. Hal ini memang membutuhkan waktu agar sistem bisa kembali membaca.

kompasiana Lampu indikator di motor injeksi

Hal yang harus dilakukan cukup menyalakan starter dalam kondisi on-off beberapa kali untuk memancing fuel pump kembali bekerja. "Biasanya akan terdengar suara mendenging, itu tanda pompa bahan bakar sedang bekerja memasok bensin ke selang dan mempersiapkan tekanan yang sesuai untuk pembakaran," ujar Rangga.

Setelah semua normal, motor akan kembali hidup. Namun, Rangga menjelaskan sebisa mungkin hindari kebiasaan membiarkan tangki bahan bakar dalam kondisi minim atau sampai habis bahan bakar, karena walau secara langsung tidak membuat kerusakan ekstrem, tapi bila dilakukan terus-menerus akan membuat usia injeksi berkurang.

Penulis: Stanly Ravel
Editor : Azwar Ferdian