Sri Mulyani, Boediono, hingga Harmoko Hadir di Rumah Duka Mar'ie Muhammad - Kompas.com
Sabtu, 4 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Sri Mulyani, Boediono, hingga Harmoko Hadir di Rumah Duka Mar'ie Muhammad

Minggu, 11 Desember 2016 | 10:42 WIB
KOMPAS.com/Dani Prabowo Sejumlah tokoh mendatangi kediaman almarhum Mantan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad di Jalan Taman Brawijaya III Nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (11/12/2016). Salah satunya istri Wakil Presiden Jusuf Kalla Mufidah Kalla.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah tokoh mendatangi kediaman almarhum Mantan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad di Jalan Taman Brawijaya III Nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (11/12/2016).

Di rumah duka telah hadir istri Wakil Presiden Jusuf Kalla Mufidah Kalla, Menteri Keuangan Sri Mulyani, mantan Menteri Keuangan Chatib Basri dan mantan Ketua DPR Akbar Tanjung.

Selain itu, hadir pula mantan Menteri PeneranganHarmoko, mantan Wapres Boediono, dan mantan Gubernur Bank Indonesia Miranda S Goeltom. Menurut Chatib, banyak hal positif yang telah diperbuat Mar'ie sepanjang hidup dan kariernya.

"Waktu itu, saya sebagai staf khusus Menteri Keuangan sama-sama yang dilakukan waktu itu adalah mereformasi birokrasi di Kemenkeu," ujarnya di rumah duka.

Chatib melihat Mar'ie sebagai sosok berintegritas tinggi, sederhana dan tegas. Semangat untuk mereformasi kehidupan birokrasi di tubuh Kemenkeu pun tinggi.

"Pada saat Bu Sri Mulyani melakukan reformasi birokrasi di menkeu, itu Pak Mar'ie juga banyak membantu waktubiru periodenya 2006-2010. Jadi ini kehilangan besar kita semua," ujarnya.

Menurut rencana, jenazah Mar'ie akan dikebumikan di Tanah Kusir setelah dishalatkan di Masjid Al-Azhar.

Mar'ie meninggal dunia di RS Pusat Otak Nasional, Minggu dinihari, setelah menjalani perawatan di rumah sakit tersebut.

(Baca juga: Mar'ie Muhammad, "Mr Clean" yang Antar Indonesia Jadi Pelopor Perekonomian di Asia Tenggara)

Penulis: Dani Prabowo
Editor : Caroline Damanik