Payung Biru Jokowi Malah Jadi Perbincangan "Netizen" - Kompas.com
Kamis, 25 April 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Payung Biru Jokowi Malah Jadi Perbincangan "Netizen"

Jumat, 2 Desember 2016 | 16:02 WIB
HANDOUT Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menuju Lapangan Monas untuk melaksanakan Shalat Jumat bersama massa doa bersama.

KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat perhatian dari kalangan netizen, khususnya di Twitter, saat kegiatan doa bersama 2 Desember. Bukan karena keikutsertaan mengikuti shalat Jumat bersama, melainkan payung biru yang dipakainya.

Payung biru itu digunakan Presiden beserta rombongan yang berjalan kaki dari Istana Merdeka ke kawasan Monumen Nasional (Monas). Lapangan Monas memang dipakai sebagai tempat shalat Jumat berjemaah dengan peserta doa bersama.

Payung biru dipakai oleh rombongan Presiden Jokowi karena cuaca saat itu sedang gerimis. Foto Jokowi berpayung biru yang pertama kali diunggah oleh akun Twitter Sekretariat Kabinet itu pun menjadi pembicaraan netizen.

Pantauan KompasTekno, Jumat (2/12/2016) siang, sebagian ada yang kagum dengan kreativitas netizen yang masih bisa mencari sisi hiburan dalam kondisi apa pun. Ada pula yang memanfaatkannya untuk menjadikan peluang usaha buka pesanan payung biru.

Selain itu, ada pula yang bertanya mengenai merek payung biru yang dipakai oleh Presiden Jokowi.
Seorang netizen juga membandingkan payung yang dipakai presiden RI sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga berwarna sama.

Lantas, apakah payung biru ini akan jadi tren selanjutnya setelah jaket bomber yang digunakan Jokowi kala aksi 411 lalu?

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Sebelumnya, foto-foto Presiden Jokowi dengan payung biru juga ramai dibagikan di Twitter. (Baca: Jokowi Shalat Jumat di Monas, Foto Ini Ramai Dibagikan di Twitter

Tak ada ajudan atau Paspampres yang memegangkan payung. Presiden tampak lebih nyaman memegang payung sendiri.

Jokowi dan rombongan meninggalkan Istana Merdeka menuju Monas pada pukul 11.40 WIB. Saat mereka tiba di Monas sekitar pukul 12.00 WIB, massa doa bersama menyambut antusias kehadiran Jokowi. Memang tak semua peserta bisa melihat sosok Jokowi yang langsung masuk ke tenda.

Seusai shalat Jumat, Jokowi menyempatkan diri menyapa para peserta doa bersama. Ia menyampaikan rasa terima kasih karena aksi massa berlangsung tertib.

"Saya ingin memberikan penghargaan pada jemaah yang hadir, tertib dalam ketertiban. Allahu akbar! Sekali lagi terima kasih," kata Jokowi, sebagaimana disiarkan langsung lewat KompasTV.



Baca: Rangkaian Foto Jokowi Belanja di Pusat Komputer Mangga Dua

Penulis: Reska K. Nistanto
Editor : Deliusno