Rini Soemarno Pastikan 9,36 Persen Saham Pemerintah di Freeport Dialihkan ke "Holding" BUMN Pertambangan - Kompas.com
Jumat, 29 Maret 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Rini Soemarno Pastikan 9,36 Persen Saham Pemerintah di Freeport Dialihkan ke "Holding" BUMN Pertambangan

Kamis, 17 November 2016 | 18:42 WIB
KOMPAS/B JOSIE SUSILO HARDIANTO Areal tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Grasberg, Timika, Papua, Kamis (24/11/2011).

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan, holding BUMN pertambangan akan rampung tahun ini.

Dengan begitu, maka 9,36 persen saham pemerintah di PT Freeport Indonesia akan dialihkan ke holding BUMN.

"(Saham pemerintah di Freeport) termasuk bagian holding karena itu kan tambang," kata Rini di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Nantinya 9,36 persen saham pemerintah akan dicaplok oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) selaku pimpinan holding BUMN sektor pertambangan.

Selain Inalun, holding BUMN pertambangan juga diisi oleh perusahaan BUMN lainnya, yakni PT Aneka Tambang (Antam), PT Bukit Asam, dan PT Timah.

Sebelumnya, Rini Soemarno mengungkapkan tengah mengebut "holding-isasi" BUMN untuk enam sektor, yakni sektor migas, tambang, keuangan, jalan tol, perumahan, dan konstruksi.

Rini meyakini, holding BUMN yang ia rencanakan akan membuat perusahaan-perusahaan BUMN bisa berlari lebih cepat dalam mengembangkan bisnisnya.

Meski begitu, usai bertemu Sri Mulyani, Rini mengungkapkan bahwa rencana pembentukan enam holding BUMN tidak akan tercapai dalam waktu dekat. 

Hanya ada dua sektor yang dipastikan rampung tahun ini. "Kami harapkan, kalau semua bisa lancar adalah holding BUMN migas dan tambang," ujar Rini.

Penulis: Yoga Sukmana
Editor : M Fajar Marta