Ahok Tersangka dan Desmond Mahesa yang Dilaporkan Nista Agama, Ini 5 Berita Kemarin yang Perlu Anda Tahu - Kompas.com
Jumat, 29 Maret 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Ahok Tersangka dan Desmond Mahesa yang Dilaporkan Nista Agama, Ini 5 Berita Kemarin yang Perlu Anda Tahu

Kamis, 17 November 2016 | 05:51 WIB
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat berbincang dengan Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/11/2016). Bareskrim Polri menetapkan Ahok sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama, Rabu 16 November 2016.

Sepanjang Rabu kemarin, isu pemberitaan didominasi oleh keputusan Mabes Polri menetapkan status tersangka kepada Gubenur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama.

Di tengah arus pemberitaan soal Basuki, malamnya muncul berita soal laporan dugaan penistaan agama yang dilakukan Ketua DPP Partai Gerindra Desmond Mahesa. Ia dilaporkan Bambang Sri Pujo, yang mewakili Aliansi Nasional 981.

Di luar berita politik, jangan lewatkan kabar terbaru dari Nike yang disebut akan meluncurkan sepatu jenis baru. Sepatu itu bisa mengikat tali sendiri.

Berikut lima berita kemarin yang perlu Anda baca 

1. Ahok Tersangka

Bareskrim Polri menetapkan Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama.

Penetapan tersangka dilakukan Bareskrim Polri setelah melakukan gelar perkara terbuka terbatas di Mabes Polri sejak kemarin, Selasa (15/11/2016).

"Diraih kesepakatan meskipun tidak bulat didominasi oleh pendapat yang menyatakan bahwa perkara ini harus diselesaikan di pengadilan terbuka," kata Kabareskrim Komjen Ari Dono di Mabes Polri, Rabu (16/11/2016).

"Dengan demikian, (perkara ini) akan ditingkatkan dengan tahap penyidikan dengan menetapkan Saudara Basuki Tjahaja Purnama sebagai tersangka," ujarnya.

Perkembangan berita pasca-ditetapkannya Ahok silakan ikuti topik "Ahok Jadi Tersangka"

Lalu, bagaimana nasib Ahok dalam Pilkada DKI Jakarta?

Baca:

Baca juga:

Kompas.com/SABRINA ASRIL Politisi Partai Gerindra Desmond J Mahesa
2. Dianggap Menghina Nabi Muhammad, Desmond Dilaporkan ke Polisi

Ketua DPP Partai Gerindra Desmond J Mahesa dilaporkan ke Bareskrim Polri.

Ia dilaporkan oleh Bambang Sri Pujo, yang mewakili Aliansi Nasional 98.

Laporan teregistrasi dengan nomor LP/1146/XI/2016/Bareskrim tertanggal 16 November 2016.

Desmond dianggap melecehkan Nabi Muhammad SAW karena pernyataan yang dilontarkannya dalam salah satu tayangan stasiun televisi swasta.

Dalam acara yang ditayangkan secara langsung itu, Desmond menyindir Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Sindiran itu terkait rencana Ahok menghadirkan ahli dari Mesir dalam gelar perkara kasus penistaan agama yang dituduhkan terhadapnya.

Menurut Bambang, Desmond menyatakan, Ahok lebih baik membangkitkan Nabi Muhammad ketimbang mendatangkan ahli dari Mesir.

Selengkapnya baca di sini

Fabian Januarius Kuwado Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Markas Divisi I Kostrad di Cilodong, Depok, Jawa Barat, Rabu (16/11/2016).
3. Safari Militer Jokowi Berlanjut

Presiden Joko Widodo Rabu kemarin melanjutkan safari militernya. Setelah sebelumnya mendatangi markas Brimob, Kopasus, Marinir TNI Angkatan Lau, dan Paskhas TNI Angkatan Udara, Rabu pagi Jokowi menyambangi Markas Korps Divisi I Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Sama seperti kunjungan-kunjungannya ke satuan di TNI sebelumnya, Presiden bersilaturahim dengan para bintara hingga perwira.

Tercatat, sebanyak 3.500 prajurit Kostrad hadir dalam kunjungan Presiden itu.

Jokowi kembali menjelaskan bahwa kunjungannya ke sejumlah satuan di TNI dan Polri adalah demi memastikan kesiapan dan loyalitas TNI.

"Untuk memberikan ketentraman kepada masyarakat. Sekali lagi, kesiapan itu untuk memberikan ketentraman kepada masyarakat," ujar Jokowi kepada wartawan.

Apa yang disampaikan Jokowi di hadapan 3.500 pasukan Kostrad? Baca di sini.

Istimewa Max Sopacua saat menjenguk Sutan Bhatoegana di Rumah Sakit BMC Bogor
4. Mengenal Sirosis, Penyakit Hati yang Sedang Dilawan Sutan Bhatoegana

Mantan Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Sutan Bhatoegana sedang berjuang melawan penyakit sirosis.

Kondisi terakhir Sutan setidaknya bisa terlihat dari foto bersama Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Max Sopacua yang beredar di media sosial.

Baca: Menurut Max Sopacua, Begini Kondisi Sutan Bhatoegana

Dalam foto itu, Sutan sedang berbaring di ruang rawat inap Rumah Sakit BMC, Bogor dan terlihat sangat kurus.

Sebenarnya apa itu sirosis?

Dokter spesialis penyakit dalam-konsultan gastro enterologi hepatologi, Rino A Gani menjelaskan, sirosis merupakan penyakit menahun yang mengenai hati.

Sirosis membuat hati atau lever mengalami peradangan, kerusakan atau kematian sel hati sehingga akan merusak struktur hati.

"Akibatnya hati menjadi keras, mengecil dan fungsi hati menurun," kata Rino.

Selengkapnya baca di sini

Pocket-Lint Sepatu Nike HyperAdapt 1.0 yang bisa mengikat sendiri
5. Nike Buat Sepatu yang Talinya Bisa Mengikat Sendiri.

Pernah menonton film sci-fi "Back to The Future II"? Jika sudah, Anda pasti pernah terkagum-kagum dengan sepatu merek Nike yang talinya bisa mengikat dengan sendirinya.

Berangan-angan ingin memiliki sepatu dengan kemampuan serupa? Jika iya, bersiaplah. Pasalnya, Nike dikabarkan akan merilis sepatu dengan kemampuan "masa depan" itu dalam waktu dekat.

Informasi tersebut didapat dari seorang youtuber bernama Jacques Slade. Ia merupakan pecinta sepatu dan mengaku sudah mendapat konfirmasi langsung dari Nike.

Dalam kicauannya di Twitter, Slade membocorkan bahwa sepatu bernama HyperAdapt itu akan mulai dijual 1 Desember mendatang.

Selengkapnya baca di sini.

Editor : Heru Margianto