Celoteh Rossi Seputar Rivalitas MotoGP 2016 - Kompas.com
Minggu, 19 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Celoteh Rossi Seputar Rivalitas MotoGP 2016

Jumat, 11 November 2016 | 16:50 WIB
MOTOGP.COM Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, mencium trofi hasil finis di urutan kedua pada balapan GP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (23/10/2016).

Valencia, KompasOtomotif - Valentino Rossi menilai ajang MotoGP 2016 berlangsung lebih kompetitif ketimbang musim sebelumnya. Sebab, pebalap yang naik ke atas podium setiap seri berbeda-beda alias tidak monoton.

Salah satu faktor utamanya, menurut The Doctor adalah peralihan penggunaan ban dari Bridgestone ke Michelin. Demikian dilansir laman crash, Jumat (11/11/2016).

Faktor lainnya, karena cuaca pada setiap seri berubah-ubah. Strategi penggunaan ban membuat pebalap lain bisa menunjukan aksinya dan terbukti hasil juaranya berbeda-beda.

"Saya pikir faktor tersebut berpengaruh. Perbedaan terbesar bagi saya adalah ban, karena mengubah keseimbangan dan tentunya cuaca yang terkadang basah, atau kering," ujar pebalap Movistar Yamaha itu.

Baca: Ambisi Rossi pada Seri Terakhir MotoGP

Rossi melanjutkan, melihat fakta sepanjang musim ini bisa disimpulkan bahwa balapan berlangsung menarik, bahkan bisa menjadi sejarah dalam dunia balap sepeda motor.

"Ini sangat bagus untuk sebuah kompetisi balap," ucap Rossi.

Sementara itu, pada seri terakhir yang akan berlangsung di Valencia, Minggu (13/11/2016), Rossi tetap berusaha mendapatkan hasil maksimal. Meski kehilangan kesempatan menjadi juara dunia, ia tetap bersikeras memperoleh poin maksimal.

Penulis: Aditya Maulana
Editor : Aris F Harvenda