Pelindo II Targetkan Dana Rp 6 Triliun dari IPO 3 Anak Usaha - Kompas.com
Jumat, 19 April 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Pelindo II Targetkan Dana Rp 6 Triliun dari IPO 3 Anak Usaha

Senin, 7 November 2016 | 07:27 WIB
Yoga Sukmana Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masasya di Sela-sela Acara WIEF 2016

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G Masassya mengungkapkan, pihaknya akan melakukan penawaran saham umum perdana (IPO) dari tiga anak usahanya.

Adapun tiga anak perusahaan itu adalah PT Jasa Armada Indonesia (JAI), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), dan PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP). Rencananya, pelepasan saham anak usaha ini ke publik akan dilakukan secara bertahap pada tahun depan.

Menurut Elvyn perusahaan akan melepas saham salah satu anak perusahaan terlebih dahulu.

"Tahun depan akan initial public offering (IPO) anak perusahaan, dana yang diperolej kami pakai untuk pengembangan pelabuhan," ujar Elvyn di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Minggu (6/11/2016).

Elvyn menjelaskan, diriny belum dapat memastikan anak usaha mana yang akan dilepas sahamnya terlebih dahulu. Namun, dia menyebutkan anak perusahaannya itu saat ini sedang dalam pembenahan pra-pelepasan saham.

"Sekarang tahap pembenahan perusahaannya. Untuk IPO harus bereskan, tahun depan paling tidak satu IPO," ungkapnya.

Dari pelepasan saham tiga anak usaha perseroan mengincar dana sekitar Rp 4,5 triliun hingga Rp 6 triliun. "Kami perkirakan Rp 4,5 triliun sampai Rp 6 triliun tiga-tiganya," tuturnya.

Dana yang diperoleh dari pelepasan saham tersebut akan digunakan untuk investasi pengembangan pelabuhan seperti di Sorong dan Kijing. Selain itu, untuk meningkatkan tata kelola anak usaha.

Penulis: Pramdia Arhando Julianto
Editor : Bambang Priyo Jatmiko