Ini Salah Satu Penyokong Perluasan Keuangan Syariah - Kompas.com
Senin, 6 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Ini Salah Satu Penyokong Perluasan Keuangan Syariah

Jumat, 14 Oktober 2016 | 15:07 WIB
Primus Keuangan syariah Indonesia





KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam  siaran pers terkini menunjukkan bahwa penguasaan pasar (share) industri perbankan syariah terhadap industri perbankan nasional mengalami kenaikan. Angka sebesar 4,81 persen pada Juli 2016, tulis laman akucintakeuangansyariah.com, hari ini, berada lebih di atas dibandingkan setahun sebelumnya yakni 4,60 persen.

Menurut OJK, salah satu hal penyokong perluasan keuangan syariah itu adalah pembelajaran kepada kelompok usia muda semisal mahasiswa di perguruan tinggi. Bertolak dari situlah, sebagaimana warta dari Bank Syariah Bukopin (BSB), pembelajaran juga menyertakan pimpinan perbankan syariah. Program itu, kata Direktur Bisnis BSB Aris Wahyudi disebut BOD (Board of Director) Mengajar.


OJK Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Aris menambahkan, BOD Mengajar  juga merupakan salah satu program Inklusi Keuangan BSB untuk semua. Program ini merupakan program Inklusi Keuangan berkelanjutan OJK dalam memasarkan produk keuangan secara nasional.

Terkini, BOD Mengajar dilakukan di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, kemarin. Berbentuk kuliah umum kepada mahasiswa Jurusan Agribisnis di Kampus Jatinangor, BOD Mengajar ditujukan untuk lebih mengenal bank syariah lebih dekat dan dapat mengetahui strategi dalam memasarkan produk perbankan.

Selain program tersebut, imbuh Aris, pihaknya juga memanfaatkan media sosial yakni Facebook, Instagram, dan Path untuk perluasan pemahaman mengenai perbankan syariah kepada masyarakat umum.
Josephus Primus Ilustrasi: Petugas Bank Syariah Bukopin (BSB) melayani nasabah.

Editor : Josephus Primus