Rachmawati Sampaikan Penolakan Reklamasi Teluk Jakarta kepada Sandiaga - Kompas.com
Jumat, 17 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Rachmawati Sampaikan Penolakan Reklamasi Teluk Jakarta kepada Sandiaga

Rabu, 12 Oktober 2016 | 18:36 WIB
Nibras Nada Nailufar Dari kiri ke kanan, Sandiaga Uno, Rachmawati Soekarnoputri, dan Boy Sadikin di rumah Rachmawati di Jalan Jatipadang Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (12/10/2016).


JAKARTA, KOMPAS.com -
 Bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mendapat dukungan Rachmawati Soekarnoputri. Saat berkunjung ke kediaman Rachmawati, Rabu (12/10/2016), Sandiaga menerima beberapa masukan dari Rachmawati soal pembangunan Jakarta.

Salah satu isu yang paling ditekankan adik Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri itu adalah mengenai reklamasi Teluk Jakarta. Rachmawati menilai reklamasi seharusnya berpihak pada warga yang membutuhkan lahan dan tempat tinggal, bukan berpihak pada pengembang.

"Faktanya kan reklamasi itu berubah. Dananya pun bukan pakai DKI juga. Jadi sekarang reklamasi itu bukan buat baik malah buat sulit. Makanya saya bilang, sudah jangan dukung orang yang tak amanah, yang tak pro rakyat kecil," kata Rachmawati.

(Baca: Rachmawati Soekarnoputri Nyatakan Dukungan untuk Anies-Sandi)

Rachmawati mengatakan reklamasi Teluk Jakarta sebaiknya tak diteruskan. Adapun pembangunan giant sea wall untuk menahan air dari laut ke Jakarta menurutnya masih bisa dilanjutkan.

Rachmawati bahkan menyarankan Sandiaga Uno menyurati Presiden Joko Widodo dan meminta menghentikan reklamasi.

"Buat surat ke Presiden karena itu perpres dan presiden harus cabut. Jadi jangan diplintir-plintir masalah amdal, izin, itu harus di-stop dan itu ada di Presiden," ucap Rachmawati.

Sandiaga mengatakan masukan dari Racmawati akan jadi bahan pertimbangan bersama Anies Baswedan.

"Kami tabulasikan karena sekarang ada proses yang sedang jalan di Bappenas, menurut saya juga tunggu jangan gegabah ambil putusan. Tapi jelas, mau ada keterbukaan dan transparansi. Itu yang harus dihadirkan," kata Sandiaga.

Selain soal reklamasi, Rachmawati juga mengkritik kebijakan pembelian sebagian lahan Rumah Sakit Sumber Waras dan penggusuran yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Ia berharap pasangan Anies-Sandiaga akan berpihak pada rakyat jika kelak terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Kompas TV Sandiaga: Penataan Pemukiman Tanpa Penggusuran




Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Nibras Nada Nailufar
Editor : Indra Akuntono