Politisi PDI-P Hamka Haq: Tetap Ahok dan Djarot - Kompas.com
Sabtu, 6 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Politisi PDI-P Hamka Haq: Tetap Ahok dan Djarot

Selasa, 20 September 2016 | 20:11 WIB
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kanan) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (kiri) seusai menghadiri apel Hari Pendidikan Nasional, di Lapangan Eks IRTI Monas, Jakarta Pusat, Senin (2/5/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Hamka Haq, mengatakan bahwa kemungkinan besar PDI-P akan mendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang.

Hal tersebut dia utarakan seusai mengikuti rapat pleno di kediaman Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2016) malam.

"Tetap Ahok-Djarot. Ya sudah fix," ujar Hamka.

Hamka menuturkan, tidak ada calon lain yang akan diusung oleh PDI-P selain Ahok dan Djarot. Keputusan tersebut merupakan keinginan dari Megawati.

"Enggak ada. Cuma dua itu. Enggak ada keinginan lain, tetap komando dari ketua umum," ucapnya.

Selain itu Hamka juga menegaskan bahwa PDI-P tidak meminta mahar atau membuat kontrak politik terkait pengusungan Ahok dan Djarot saat rapat pleno tersebut.

Dia pun mengingatkan Ahok-Djarot harus menjalani ideologi yang selama ini dianut oleh PDI-P, yakni Pancasila dan UUD 1945.

"Tidak ada mahar politik. Yang pasti, calon yang kami usung harus menjalankan ideologi PDI-P yakni Ideologi Pancasila dan UUD 1945," ujarnya.

 

Kompas TV Peluang Ahok Didukung PDI-P Besar

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kristian Erdianto
Editor : Bayu Galih