Sandiaga Akan Dijadikan Calon Wagub jika PDI-P Berkoalisi dengan Gerindra - Kompas.com
Kamis, 4 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Sandiaga Akan Dijadikan Calon Wagub jika PDI-P Berkoalisi dengan Gerindra

Senin, 19 September 2016 | 20:13 WIB
KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA Bakal calon gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat berbincang dengan Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Mohama Taufik di acara konsolidasi Partai Gerindra, Minggu (18/9/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan, partainya bersedia menjadikan Sandiaga Uno sebagai bakal calon wakil gubernur, bukan bakal calon gubernur, pada Pilkada DKI Jakarta 2017. 

Namun, kondisi itu terjadi jika PDI-P mau berkoalisi dengan Gerindra serta mengusung Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menjadi bakal calon gubernur DKI.

Andre menilai, peta politik yang terjadi jelang Pilkada DKI masih dinamis. Bisa saja, kata Andre, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri mengajukan Risma.

"Kami akan simpan ego dan bersedia mengajukan Sandiaga Uno sebagai cawagub. Karena kami punya kesepahaman, membuat Jakarta lebih baik," kata Andre melalui pernyataan, Senin (19/9/2016).

Ia mengatakan, jika akhirnya PDI-P memutuskan untuk mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat, pihaknya juga akan siap bertarung dengan PDI-P untuk memperebutkan kursi DKI 1.

"Gerindra siap menghadapi keputusan partai lain terkait Pilgub DKI 2017. Dalam artian, jika PDI-P benar-benar akan mengusung Ahok-Djarot pada Pilgub DKI Jakarta 2017," ujar Andre.

Selasa besok, pada pukul 22.00, PDI-P akan mengumumkan pasangan calon yang akan diusung pada Pilkada DKI 2017 di Kantor DPP PDI-P, Jakarta Pusat.

Kompas TV Sandiaga Uno Belum Tentukan Nama Calon Wakil Gubernur



Penulis: David Oliver Purba
Editor : Egidius Patnistik