Survei Poltracking: Mayoritas Warga Jakarta Puas Kinerja Ahok-Djarot - Kompas.com
Sabtu, 6 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Survei Poltracking: Mayoritas Warga Jakarta Puas Kinerja Ahok-Djarot

Kamis, 15 September 2016 | 17:21 WIB
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Samsul Bahri saat peluncuran sistem pembayaran secara elektronik, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/6/2016).


JAKARTA, KOMPAS.com -
Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terkait kepuasan warga Jakarta terhadap pemerintahan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. Hasil survei itu memperlihatkan tingkat kepuasan warga Jakarta jelang Pilkada DKI 2017.

Menurut hasil survei tersebut, kepuasan warga Jakarta terhadap pemerintahan Ahok sebesar 68,72 persen, sedangkan responden yang tidak puas sebesar 27,7 persen. Responen sisanya menjawab tidak tahu.

Adapun kepuasan warga Jakarta terhadap kinerja Djarot sebesar 52,05 persen, tidak puas 27,44 dan sisanya tidak menjawab.

Dari hasil survei tersebut, responden menyebut salah satu keberhasilan pemerintahan Ahok-Djarot yaitu pelayanan kesehatan yang terjangkau sebesar 75,4 persen dan pembangunan infrastruktur seperti pembangunan fasilitas umum sebesar 69,7 persen.

Namun, masih ada 24,9 persen responden yang menganggap Ahok belum bisa mengurangi kemacetan. Begitu juga terkait harga kebutuhan bahan pokok yang masih belum terjangkau, ketidakpuasan responden mencapai 23 persen.

"Responden menyatakan ketidakpuasaan terhadap harga kebutuhan pokok begitu juga mengurangi kemacetan dan pengangguran," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, di Jakarta Pusat, Kamis (15/9/2016).

Hasil survei tersebut juga memperlihatkan kepuasan masyarakat terhadap program Pemprov DKI untuk implementasi program Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar. Masing-masing persentase kepuasan sebesar 70 51 persen dan 69.23 persen.

Sementara impelementasi program Kartu Jakarta Sejahtera dinilai tidak begitu tinggi karena angka persentase di bawah 50 persen.

Survei tersebut dilakukan pada 6-9 September 2016 dan melibatkan 400 responden. Margin of error survei ini diklaim sebesar 4.95 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Metode pengumpulan data dilakukan secara tatap muka menggunakan kuisioner.

Kompas TV Survei Kompas: Warga Jakarta Puas Dengan Kinerja Ahok



Penulis: David Oliver Purba
Editor : Indra Akuntono