Ahok: Orang Asli Bukit Duri dan Kampung Pulo Senang Ada Normalisasi, Harga Tanah Naik - Kompas.com
Selasa, 23 April 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Ahok: Orang Asli Bukit Duri dan Kampung Pulo Senang Ada Normalisasi, Harga Tanah Naik

Rabu, 14 September 2016 | 09:44 WIB
Kahfi Dirga Cahya Guber

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyebut normalisasi Kali Ciliwung akan berdampak langsung pada orang asli Bukit Duri dan Kampung Pulo. Dampak tersebut salah satunya pada harga tanah.

"Kalau buat orang asli Bukit Duri dan Kampung Pulo, pasti senang begitu normalisasi, (pinggiran sungai) ditutup. Harga tanahnya naik karena enggak banjir," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Ahok membantah bila orang asli Bukit Duri akan marah bila dilakukan normalisasi. Warga yang menentang adalah warga yang tempat tinggalnya ada di daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung. Ahok menyebut para warga di DAS itu mereklamasi sungai.

"Waktu kemarau mereka uruk-uruk buat bangunan. Ada peta dasarnya kok. Mau gugat gimana juga susah kok," kata Ahok.

Pemerintah Kota Jakarta Selatan melayangkan surat peringatan (SP) kedua kepada warga Bukit Duri, Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2016). Rencananya, kawasan tersebut akan ditertibkan setelah Idul Adha.

Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi mengatakan, penertiban permukiman tidak akan menunggu sidang gugatan class action yang diajukan oleh sebagian warga. Namun, hingga kini belum jelas waktu penertiban dilakukan di Bukit Duri.

Kompas TV Warga Gusuran Bertani demi Menambah Penghasilan



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kahfi Dirga Cahya
Editor : Ana Shofiana Syatiri