PPP dan PKB Bakal Berpaling, Ini Komentar Sandiaga - Kompas.com
Sabtu, 29 Juni 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

PPP dan PKB Bakal Berpaling, Ini Komentar Sandiaga

Senin, 12 September 2016 | 10:17 WIB
Kompas.com/Robertus Belarminus Bakal Calon Gubernur DKI dari Partai Gerindra, Sandiaga Uno melakukan shalat Idul Adha di Masjid Al-Barkah, Cipete Selatan, Jakarta Selatan. Di kesempatan tersebut, Sandiaga memberikan kurban hewan sapi kepada pihak masjid. Senin (12/9/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Sandiaga Uno mengaku memahami reaksi dari para kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terkait wacana duet dirinya dengan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera untuk Pilkada DKI 2017.

Hal tersebut disampaikannya menanggapi kedua partai tersebut yang mengancam meninggalkan Koalisi Kekeluargaan karena wacana duetnya dengan Mardani.

"Dalam komunikasi resmi kami dengan PPP dan PKB sangat dimengerti sekali reaksi dari masing-masing kader," kata Sandiaga, usai Shalat Idul Adha di Masjid Al Barkah, Cipete Selatan, Jakarta Selatan, Senin (12/9/2016).

Namun, meski kader kedua partai bereaksi seperti itu, dirinya menyatakan para pimpinan partai di Koalisi Kekeluargaan masih solid.

(baca: PKB Ingin Sandingkan Yusril dengan Saefullah di Pilkada DKI 2017)

"Dari pimpinan partai ini mereka masih sangat komit terhadap persatuan dan kekeluargaan," ujar Sandiaga.

Duet Sandiaga-Mardani, menurut dia, belum keputusan final. Tiga nama kandidat calon wakil gubernur di Koalisi Kekeluargaan masih proses pemilihan.

Tiga nama itu, yakni Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Budaya dan Pariwisata Sylviana Murni, Sekda DKI Saefullah dan Mardani.

(baca: PPP Tak Akan Dukung Sandiaga-Mardani pada Pilkada DKI)

Menurut Sandiaga, dalam satu dua minggu kedepan sudah ada keputusan final siapa yang akan dipilih.

Sebelumnya, soliditas Koalisi Kekeluargaan kini mulai terancam. Sandiaga sebagai figur yang digadang menjadi kandidat pesaing Ahok terancam akan kehilangan dukungan dari PKB.

Hal tersebut menyusul langkah PKS yang mengusung kadernya, Mardani Ali Sera untuk menjadi kandidat calon wakil gubernur pendamping Sandiaga.

(baca: Tolak Sandiaga-Mardani, PPP Akan Duetkan Yusril dengan Saefullah atau Sylviana)

Langkah PKS tersebut juga diklaim telah mendapat restu dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Sementara itu, PPP juga mulai memunculkan nama baru, ustadz Yusuf Mansur, di samping nama-nama kandidat cawagub lainnya seperti Sylviana Murni atau Saefullah.

Kompas TV Yusril Klaim Didukung 4 Partai



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Robertus Belarminus
Editor : Sandro Gatra