AISI Mengaku Tidak Menghimpun Data Harga Motor - Kompas.com
Sabtu, 6 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

AISI Mengaku Tidak Menghimpun Data Harga Motor

Selasa, 6 September 2016 | 18:35 WIB
Stanly/Otomania Diskon motor Honda di HaiDay 2015


‎Jakarta, KompasOtomotif - Salah satu tugas penting Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yaitu mengumpulkan data terkait industri termasuk data volume produksi para anggotanya. Akan tetapi Ketua AISI Gunadi Sindhuwinata menolak jika asosiasi diduga juga menghimpun data ‎harga jual setiap produk di pasaran.

Investigator dalam sidang lanjutan dugaan kartel Honda dan Yamaha di gedung Komisi Pengawas Persaingan ‎Usaha (KPPU), di Jakarta, Selasa (6/9/2016), mencurigai AISI mengetahui harga jual setiap produk anggotanya. Hal itu dianggap berkaitan dengan dugaan usaha Honda dan Yamaha menetapkan harga jual produk Skutik.

‎"Kami tidak pernah meminta harga. Karena percuma, kembali lagi itu strategi pasar sebab bisa berubah‎-ubah," kata Gunadi.

Proses yang selama ini terjadi, para anggota AISI sekarang -Honda, Yamaha, ‎Suzuki, Kawasaki, dan TVS, mengirimkan data produksi dan penjualan secara sukarela setiap bulan. Tidak ada sanksi jika anggota telat memasok data sebab sifatnya tergantung kesadaran.

Data yang AISI kepada berbagai pihak, tiga di antaranya yakni Kementerian Perindustrian, Pemerintah Daerah, dan media.

Gunadi juga menyatakan AISI tidak pernah menyiarkan data omzet para anggota. ‎"Kami tidak dalam posisi meminta memantau atau menentukan harga," kata Gunadi.

Penulis: Febri Ardani Saragih
Editor : Agung Kurniawan